M. ZAINUL MUFLIHIN, 12205173175 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (739kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (198kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Bagi Peserta Didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar”, penelitian ini ditulis oleh M. Zainul Muflihin, NIM 12205173175, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Nur Kholis, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Usaha Guru, Pendidikan Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa penerapan pendidikan Islam sangat digencarkan dibergai lembaga pendidikan yang berbasis Islam bahkan mulai ditingkat dasar. Maka dari itu perlu diteliti mengenai usaha apa yang dilakukan oleh guru agar terciptanya proses pembelajaran pendidikan islam yang berkualitas. Guru memiliki hak dalam membina masalah Pendidikan Islam. guna dihadapakan dengan berbagai latar belakang peserta didik, sehingga peserta didik bisa berkembang sesuai ajaran islam. Fokus dari penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimana usaha guru dalam dalam membina aqidah bagi peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar, (2) Bagaimana usaha guru dalam membina ibadah bagi peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar, (3) Bagaimana usaha guru dalam membina akhlak bagi peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tentang usaha guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan islam. Penelitian ini dilaksankan di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Jenis Penilitian ini menggunakan penelitian deskripsi kulitatif dengan suber data primer dan sekunder. Teknik pemngumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya maka harus melakukan memperpanjang pengamatan, pengamatan yang berlanjut, kemudian menggunakan triagulasi sumber dan triagulasi metode, pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian di MI Darussalam Wonodadi Blitar peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Pada pembinaan aqidah bahwasannya guru dalam membina masalah keimanan, ketauhidan, anak dibimbing hatinya agar tetap taat kepada Allah dan tidak menduakannya. (2) Pada pembinaan masalah ibadah bahwasannya guru membinaanngya dari ibadah wajib seperti salat lima waktu kemudian ibadah sunah seperti salat duha, membaca Al- quran, dan doa- doa keseharian yang dibuat pembiasaan di madrsah. (3) Pada pembinaan akhlak guru selalu memberikan contoh yang baik kepada peserta didik dari akhlak kepada Allah seperti melatih kedisiplinan dalam beribadah kepada Allah selalu tepat waktu. akhlak kepada orang lain seperti menjaga sikap, akhlak kepada diri sendiri seperti selalu menjaga kesehatan serta kebersihan badan dan sabar dalam menghadap situasi apapun, akhlak kepada lingkungan sekitar seperti menjaga kebersihan kelas ,kebersihan lingkungan madrasah dengan membuat jadwal piket Kebesihan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173175 M.ZainulMuflihin |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 03:29 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 03:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25008 |
Actions (login required)
View Item |