DAMPAK SERTIFIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS MENGAJAR DI SMKN 01 BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2008/2009

PUTRA, YOPI ABIYANA (2009) DAMPAK SERTIFIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS MENGAJAR DI SMKN 01 BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2008/2009. [ Skripsi ]

[img] Text
Bab 1 Yopi .doc

Download (110kB)
[img] Text
Bab 2 Yopi .doc

Download (493kB)
[img] Text
Bab 3 Yopi.doc

Download (99kB)
[img] Text
Bab 4 Yopi.doc

Download (359kB)
[img] Text
Bab 5 Yopi.doc

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN Yopi.doc

Download (72kB)
[img] Text
PRA Yopi.doc

Download (101kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul “Dampak Sertifikasi Guru PAI Terhadap Peningkatan Kualitas Mengajar di SMKN 01 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2008/2009” ini ditulis oleh Yopi Abiyana Putra, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 3211053063, Tahun 2009. Dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Latar belakang masalah: pengembangan kualitas pada guru merupakan salah satu pilar utama keberhasilan pendidikan. Dalam kehidupan yang modern seperti sekarang ini guru dituntut untuk mengembangkan kompetensinya karena perkembangan zaman yang semakin global, guru dituntut menguasai kompetensi paedagogik, sosial, kepribadian, profesional sesuai yang dijalankan oleh pemerintah dengan adanya sertifikasi. Dalam kaitannya dengan hal ini peneliti ingin mengetahui apakah dengan adanya sertifikasi guru kualitas mengajar akan meningkat, ataukah menurun atau cuma stagnan. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: untuk mengetahui apakah kualitas mengajar akan meningkat setelah diadakan sertifikasi guru dengan variabel bebas kedisiplinan guru (X1), cara membuat RPP (X2), dan cara mengevaluasi (X3). Model penelitian skripsi ini menggunakan kuantitatif dan metodenya adalah pola penelitian, populasi, sampling, sampel, instrumen pengumpulan data dan teknik analisa data. Hasil penelitian adalah ada dampak yang positif antara sertifikasi dengan kualitas mengajar dengan pengujian variabel bebas ke variabel terikat di antaranya kedisiplinan guru dengan kualitas mengajar, cara membuat RPP dengan kualitas mengajar, cara mengevaluasi dengan kualitas mengajar. Ketiga variabel tersebut memperoleh taraf signifikansi yang positif. Saran dalam penelitian ini adalah bahwa sertifikasi harus dilakukan secara kontinue dan mekanisme pelaksanaannya harus jujur, transparan, tidak asal-asalan dalam menentukan kuota dan syarat-syaratnya supaya sertifikasi betul-betul mewakili keprofesionalan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 15 Oct 2015 04:20
Last Modified: 15 Oct 2015 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item View Item