STUDI KEANEKARAGAMAN CAPUNG (ODONATA) DI TELAGA AQUA SENDANG TULUNGAGUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KATALOG

MUKHTAR ABDUL ALY, 12208173117 (2021) STUDI KEANEKARAGAMAN CAPUNG (ODONATA) DI TELAGA AQUA SENDANG TULUNGAGUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KATALOG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (440kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (959kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Studi Keanekaragaman Capung (Odonata) di Telaga Aqua Sendang Tulungagung Sebagai Media Pembelajaran Berupa Katalog” ini ditulis oleh Mukhtar Abdul Ali, NIM 12208173117, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: Keanekaragaman, Capung, Telaga Aqua, Katalog. Telaga Aqua merupakan salah satu obyek wisata alam yang ada di Tulungagung. Lebih tepatnya di Dusun Beji, Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Telaga Aqua menyajikan keindahan alam yang menakjubkan dengan suguhan bebukitan, air sungai yang mengalir jernih, dan vegetasi riparian yang beragam di tepian sungai, serta udara yang sejuk. Sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga dan menjadi salah satu habitat bagi serangga-serangga, termasuk capung (Odonata). Capung (Odonata) merupakan salah satu indikator kelestarian lingkungan yang paling jelas karena memiliki sensitivitas yang sangat tinggi dalam merespon perubahan lingkungan. Penelitian mengenai capung di Indonesia sudah banyak dilakukan sebelumnya, namun di Telaga Aqua belum pernah dilakukan penelitian dan data mengenai keanekaragaman capung. Capung (Odonata) merupakan salah satu ordo dalam filum Arthropoda yang di pelajari pada mata kuliah zoologi avertebrata. Berdasarkan angket analisis kebutuhan pemahaman mahasiswa Tadris Biologi tentang materi capung (Odonata) masih kurang, sehingga perlu dikembangkan menjadi media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Produk media pembelajaran yang dihasilkan adalah katalog, karena tampilan katalog yang menarik dengan gambar serta materi yang disampaikan sederhana dan jelas agar dapat menambah pemahaman mahasiswa. Hal tersebut yang melatar belakangi penelitian Keanekaragaman capung (Odonata) di Telaga Aqua dan menghasilkan produk media pembelajaran berupa katalog. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah (1) Untuk mengidentifikasi keanekaragaman capung (Odonata) di Telaga Aqua (2) Untuk mendeskripsikan media pembelajaran berupa katalog yang dikembangkan dan hasil validasi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang diawali dengan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Tingkat keanekaragaman dihitung dengan menggunakan rumus indeks Shannon-Wienner. Pada tahap pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tiga langkah pengembangan yaitu analisis (analysis), desain (design), dan pengembangan (development). Metode yang digunakan berupa angket validasi oleh ahli materi dan ahli media serta angket keterbacaan oleh responden. Hasil penelitian yang ditemukan adalah (1) Spesies capung (Odonata) ditemukan sejumlah 10 jenis spesies. 5 jenis termasuk dalam subordo Anisoptera, yakni 1 jenis famili Gomphidae dan 4 jenis famili Libellulidae. Sedangkan 5 jenis lainnya termasuk dalam subordo Zygoptera, yakni 1 jenis famili Euphaeidae, 2 jenis famili Chlorocyphidae, 1 jenis famili Calopterygidae, dan 1 jenis famili Platycnemididae. Spesies yang ditemukan ialah Euphaea variegata, Heliocypha fenestrata, Rhinocypha heterostigma, Vestalis luctuosa, Coeliccia membranipes, Onychogomphus fruhstorferi, Orthetrum glaucum, Orthetrum pruinosum, Orthetrum sabina, dan Pantala flavescens. Hasil perhitungan indeks keanekaragaman diperoleh nilai 2,037 yang termasuk dalam kategori sedang. (2) Tahap pengembangan produk katalog memperoleh hasil validasi ahli materi dengan nilai persentase 79%, pada validasi ahli media memperoleh nilai dengan persentase 96%, sedangkan pada uji keterbacaan oleh responden mendapatkan nilai 87,1%. Hasil dari validasi ahli materi, ahli media, dan keterbacaan responden secara kumulatif mendapatkan rata-rata nilai persentase 87,37% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan perolehan nilai tersebut, katalog keanekaragaman capung (Odonata) di Telaga Aqua dinyatakan sangat valid. Sehingga dapat diuji coba dalam pembelajaran untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Hewan
Biologi > Lingkungan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S1 12208173117 Mukhtar Abdul Aly
Date Deposited: 25 Apr 2022 12:38
Last Modified: 25 Apr 2022 12:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25046

Actions (login required)

View Item View Item