PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG

ASTUTI, TRIANI INDRI (2009) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I sampai bab V.doc

Download (381kB)
[img] Text
LAmpiran akhir.doc

Download (289kB)
[img] Text
Lampiran awal.doc

Download (304kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Triani Indri Astuti. 3211043080. 2008, Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Bandung Tulungagung. Program Study Pendidikan Agama Islam,jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing : Drs. Muhammad Kharis, M.Pd. Kata Kunci : Media audio, media visual, media pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Latar belakang masalah : Media pembelajaran pendidikan agama Islam, hendaknya dapat menimbulkan interaksi peserta didik dengan pesan-pesan yang dibawa media pembelajaran. Kecocokan suatu media dapat diukur dari tingkat keefektifan, keefisienan, kemudahan, serta kemenarikan peserta didik untuk menampilkan unjuk kerja (hasil belajar) melalui media yang digunakan. Oleh karena itu, dalam pemilihan suatu media dipengaruhi karakteristik bidang study dan kendala sumber belajar yang tersedia. Fokus penelitian : (a) Bagaimana penggunaan media audio PAI di MTs Negeri Bandung Tulungagung? (b) Bagaimana penggunaan media visual PAI di MTs Negeri Bandung Tulungagung? (c) Bagaimana penggunaan media pembelajaran PAI di MTs Negeri Bandung Tulungagung? Kegunaan hasil penelitian : Secara teoritis; Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai pedoman pengembangan ilmu pengetahun dan hasanah ilmiah tentang penggunaan media pembelajaran PAI . Secara praktis; Bagi lembaga: Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan bahan pertimbangan bagi lembaga pendidikan dalam mempergunakan media pembelajaran secara maksimal. Bagi guru: Dapat dijadikan sebagai sarana untuk instropeksi guru sehingga selalu termotivasi,penggunaan lebih serta menjadikan bahan pertimbangan dalam penggunaan media pembelajaran PAI. Bagi siswa: Dapat dijadikan bahan pengembangan bagi siswa untuk menerapkan media pembelajaran yang telah disampaikan, sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal dan dapat menguasai berbagai macam media pembelajaran yang telah ada. Bagi penulis: Dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan dan pengalaman serta bahan pikiran yang lebih mendalam mengkaji tantang media pembelajaran. Metode penelitian: (a) Pola penelitian, Menurut pendekatannya: Penelitian kualitatif; Menurut permasalahannya: Penelitian deskrptif; Menurut sumber datanya: Penelitian studi kasus. (b) Sumber data, Person (orang), Plase (lokasi/setting), Paper(dokumentasi). (c) Metode pengumpulan data: Metode observasi, metode wawancara,metode dokumentasi. (d) Teknik analisis data: Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data induktif dengan pola berpikir rasional. Hasil penelitian: (a) penggunaan media audio PAI di MTs Negeri Bandung Tulungagung telah difungsikan secara maksimal oleh guru untuk memenuhi kurikulum yang ada dan mendapatkan hasil yang cukup baik karena, Pengajaran lebih bervariatif, Menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa sehingga pendidikan Islam bisa dicapai dengan baik, Memberikan pemahaman yang lebih terhadap siswa tentang materi yang diberikan. b) penggunaan media visual PAI di MTs Negeri Bandung Tulungagung difungsikan secara maksimal dan penggunaan media tersebut bagi siswa sangat diminati karena : Siswa bisa berinteraksi dengan media yang digunakan, siswa dapat melihat langsung tidak hanya dari mendengar saja, memberikan pemahaman yang lebih terhadap siswa tentang materi yang diberikan . (c) Penggunaan media pembelajaran PAI di MTs Negeri Bandung Tulungagung sudah bisa dikatakan maksimal, hal ini telah dibuktikan dengan ketersediaan media pembelajaran mata pelajaran agama islam berupa Mushola, tempat wudlu, rukuh/mukena, al-Qur’an, pakaian ihrom, jenasah dari boneka, kain kafan dan peralatan memandikan jenazah.disamping guru juga menggunakan media lain sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:12
Last Modified: 15 Oct 2015 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item View Item