IZA WACHIDATUL LAILY, 12303173020 (2021) PENGARUH TERAPI SHALAT TAHAJUD DALAM MENURUNKAN STRESS PADA REMAJA MASJID DESA PRAYUNGAN PONOROGO. [ Skripsi ]
Text
PENGARUH TERAPI SHALAT TAHAJUD DALAM MENURUNKAN STRESS PADA REMAJA MASJID DESA PRAYUNGAN PONOROGO.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Remaja merupakan jenjang perkembangan manusia yang paling riskan dalam kehidupan. Manusia sering mengalami beberapa kesalahan dalam masa remaja akibat rasa pengetahuan yang tinggi, namun belum dibekali dengan kematangan mental dan pengetahuan yang baik. Hal tersebut menyebabkan beberapa kesalahan dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang salah diambil oleh remaja misalnya permasalahan ekonomi, putus sekolah, malas melanjutkan sekolah, dan pergaulan bebas. Setelah melakukan kesalahan pengambilan keputusan itu yang membuat remaja sering mengalami stress. Dari hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari shalat tahajud dalam menurunkan stress pada remaja masjid desa Prayungan Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitianya menggunakan explanatory research. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas shalat tahajud berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stress pada remaja. Adapun saran penelitian bagi penulis, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sarana untuk melatih berpikir ilmiah, dengan dasar pada disiplin ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dan bagi pembaca, penelitian ini diharapkan dapat memberikan khasanah perpustakaan dan tambahan referensi bagi penelitian selanjutnya. Kata Kunci: Stress, Remaja, Shalat Tahajud
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Fiqih > Sholat Agama > Tasawuf |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi |
Depositing User: | 12303173020 IZA WACHIDATUL LAILY |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 01:36 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 01:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25236 |
Actions (login required)
View Item |