PROSES KREATIVITAS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI DI MAN TLOGO BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015

ROHMAWATI, ANIS TRI (2015) PROSES KREATIVITAS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI DI MAN TLOGO BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rohmawati, Anis Tri. 3214113002. 2015. Proses Kreativitas Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Fungsi Di MAN Tlogo Blitar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Tahap Kreativitas, dan Menyelesaikan Soal. Matematika merupakan salah satu pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan pola pikir secara sistematis dan logis sehingga dapat memecahkan masalah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan memecahkan masalah berkaitan dengan pengembangan kreativitas yang juga berperan penting dalam peningkatan kulitas belajar. Kreativitas merupakan aktivitas kognitif yang mampu menghasilkan suatu gagasan atau ide yang baru, asli, unik, dan berbeda dari biasanya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan. Sedangkan tahap kreativitas menurut Wallas adalah: (1) persiapan, (2) inkubasi, (3) iluminasi, dan (4) verifikasi. Fokus penelitian: (1) Bagaimana proses kreatif siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal fungsi di MAN Tlogo Blitar, (2) Bagaimana proses kreatif siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal fungsi di MAN Tlogo Blitar, (3) Bagaimana proses kreatif siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal fungsi di MAN Tlogo Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan atau menganalisis proses kreativitas siswa kelas XI MAN Tlogo Blitar dalam menyelesaikan soal matematika. Prosedur pengumpulan data terdiri atas observasi, tes tertulis, dan wawancara. Subjek penelitian adalah 4 siswa kelas XI Agama MAN Tlogo Blitar semester genap tahun ajaran 2014/2015. Analisis data dilakukan dengan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: (1) Tahap persiapan siswa yang berkemampuan tinggi mampu memahami informasi dan mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan dalam masalah fungsi (fungsi komposisi dan fungsi invers) kemudian menyampaikannya dengan bahasa sendiri. Siswa yang berkemampuan sedang hampir sama dengan siswa yang kreatif. Siswa yang berkemampuan rendah belum mampu untuk memahami informasi dan belum mengetahui maksud dari masalah fungsi (fungsi komposisi dan fungsi invers). (2) Tahap inkubasi siswa yang berkemampuan tinggi mengingat materi fungsi (fungsi komposisi dan fungsi invers) dan memikirkan cara penyelesaian yang telah dipelajari dengan merenung sejenak dan memberikan coretan pada kertas kosong sebagai kegiatan awal untuk menemukan jawaban. Siswa yang berkemampuan sedang mengingat dan memikirkan cara penyelesaian yang dikuasai dan merenung sejenak tanpa memberikan coretan. Siswa yang berkemampuan rendah tidak begitu berpikir keras untuk menemukan cara penyelesaian masalah. (3) Tahap iluminasi siswa yang berkemampuan tinggi menemukan jawaban dari masalah fungsi (fungsi komposisi dan fungsi invers) dan memikirkan cara penyelesaian yang lain untuk memperkuat jawabannya. Siswa yang berkemampuan sedang menemukan jawaban dan mencoba menggunakan cara penyelesaian yang lain. Siswa yang berkemampuan rendah hanya menggunakan satu cara penyelesaian tanpa melakukan pengujian jawabannya. (4) Tahap verifikasi siswa yang berkemampuan tinggi menemukan jawaban yang sama dengan menggunakan dua cara penyelesaian. Siswa yang berkemampuan sedang tidak menemukan jawaban yang sama. Siswa yang berkemampuan rendah tidak mempunyai cara lain dan jawaban yang diberikan juga belum benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ANIS TRI ROHMAWATI
Date Deposited: 20 Oct 2015 06:29
Last Modified: 20 Oct 2015 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item View Item