MUDMA’INAH, MUDMA’INAH (2009) HUBUNGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS MI DARUSSA’ADAH DOMASAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
BAB I MUT.doc Download (60kB) |
|
Text
BAB II MUT.doc Download (117kB) |
|
Text
BAB III imut new.doc Download (102kB) |
|
Text
BAB IV MUT NEW.doc Download (418kB) |
|
Text
HAL DEPL.doc Download (246kB) |
|
Text
skripsi BAB IV Mudmainah.doc Download (189kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Hubungan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Dengan Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Mudma’inah, dibimbing oleh Anisatul Mufarokah, S.Ag Peneliti dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat pada akhir-akhir ini termasuk di negara Indonesia dan kemungkinan perkembangan itu akan terus berlanjut seiring dengan perkembangan manusia, Untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa di Era Globalisasi ini bangsa Indonesia menyadari arti pentingnya pendidikan. salah satu pendidikan agama yang bisa diajarkan bagi anak adalah tentang Al-Qur’an yang biasanya anak dimasukan dalam suatu lembaga pendidikan yaitu TPQ. Kemampuan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar merupakan target dan sekaligus merupakan tujuan pokok dan perdana yang harus dicapai dalam proses pembelajaran. Anak mendapatkan pelajaran tentang Al-Qur’an di sekolah yaitu pada mata pelajaran Qur’an Hadits tetapi akan lebih baik lagi bila ditunjang dengan ikut belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an pada sore hari setelah anak pulang dari sekolah yang mana dapat meningkatkan prestasi belajar anak, serta perkembangan anak selanjutnya. Yang menjadi rumusan dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah peranan metode pembelajaran pada Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung? 2) Adakah peranan materi pelajaran pada Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah Tujuan Penelitian secara umum yaitu untuk mengetahui peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung. Tujuan penelitian secara khusus yaitu: 1) Untuk mengetahui peranan metode pembelajaran pada Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mengetahui peranan materi pelajaran pada Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung. Metode penelitian: 1. Suatu pola penelitian menggunakan penelitian deskriptif dan korelatif, 2. Populasi, a) Populasinya adalah populasi ini adalah keseluruhan siswa MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 235 siswa, b) Sampling yang digunakan adalah teknik cluster sampling, c) Sampel yang diambil adalah 36 siswa kelas V. 3. Sumber data dan variabel, data dan pengukuran: a. Sumber data, dokumentasi, responden dan benda, b. Variabel dalam penelitian ini adalah dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. 4.Metode dan instrumen pengumpulan data: a. metode penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, penelitian lapangan; metode angket, interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Ada hubungan yang positif dan signifikan pada hubungan antara metode pembelajaran pada Taman Pendidikan Al-Qur'an dengan peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung. Terbukti dari hasil penelitian yang penulis lakukan diketahui Phi sebanyak 0,502 yang lebih besar dari nilai tabel “r” product moment baik dari taraf signifikan 5% = 0,339 dan 1% 0,436. 2) Ada hubungan yang positif dan signifikan pada hubungan antara materi pembelajaran pada Taman Pendidikan Al-Qur'an dengan peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung Terbukti dari hasil penelitian yang penulis lakukan diketahui Phi sebanyak 0,414 yang lebih besar dari nilai tabel “r” product moment baik dari taraf signifikan 5% = 0,339 dan 1% 0,436.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 07:07 |
Last Modified: | 16 Oct 2015 07:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2540 |
Actions (login required)
View Item |