PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PDAM TIRTA CAHYA AGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

NIA AGUSTIANI, 17402153214 (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PDAM TIRTA CAHYA AGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Nia Agustiani, NIM. 17402153214, pembimbing Dr. Muhammad Aswad, M.A. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan apabila para pelanggan tidak puas dengan layanan yang telah diberikan, maka tidak menutup kemungkinan pelanggan tidak loyal terhadap perusahaan. Adanya kondisi tersebut menuntut perusahaan untuk berusaha melakukan pengukuran kepuasan pelanggan agar mengetahui secara detail variabel-variabel yang membuat pelanggan tidak puas. Beberapa variable yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu kualitas pelayanan dan harga. Apabila perusahaan memiliki pelayanan yang baik dan menetapkan harga yang sesuai, maka pelanggan akan merasa puas dan berminat kembali menggunakan jasa perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk menguji secara parsial pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung. (2) untuk menguji secara simultan pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah noprobability sampling dengan kategori quota sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan pada responden. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial. Sedangkan dari hasil pengujian secara simultan terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Dari uji determinasi diketahui nilai Adjusted R Square kepuasan pelanggan PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung dipengaruhi oleh variabel independen, yaitu kualitas pelayanan dan harga sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kata kunci: kualitas pelayanan, harga, kepuasan pelanggan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Harga
Kinerja Pegawai
Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153214 NIA AGUSTIANI
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:57
Last Modified: 21 Apr 2022 01:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25621

Actions (login required)

View Item View Item