Fahmiyati, Dwi Terry (2015) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIS MTS NEGERI KARANGREJO. [ Skripsi ]
|
Text
cover- abstrak.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
daftar Rujukan.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Dwi Terry Fahmiyati, 3214113061, 2015, Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Akademis MTs Negeri Karangrejo. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Musrikah, S. Pd. I, M. Pd Kata Kunci: Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa keterampilan menyelesaikan soal pemecahan masalah siswa sekolah menengah atas ataupun siswa sekolah menengah pertama masih rendah. Sejalan dengan hal tersebut, rata- rata kemampuan komunikasi siswa berada pada kualifikasi kurang, terutama dalam mengkomunikasikan ide- ide matematika. Hal ini menyebabkan siswa jarang memberi tanggapan dari proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis pada siswa berkemampuan tinggi kelas VII- A (Unggulan) MTs Negeri Krangrejo, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis pada siswa berkemampuan sedang kelas VII- A (Unggulan) MTs Negeri Karangrejo, dan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis pada siswa berkemampuan rendah kelas VII- A (Unggulan) MTs Negeri Karangrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk mengetahui berbagai persoalan yang berhubungan dengan kemampuan matematis siswa kelas VII- A (Unggulan) MTs Negeri Karangrejo. Penelitian ini bekerjasama dengan pihak sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, dan siswa khususnya kelas VII- A (Unggulan) MTs Negeri Karangrejo kemudian berhubungan langsung dengan informan guna memperoleh data secara alami yang terjadi di lokasi penelitian. Data komunikasi matematis diperoleh dari hasil observasi, hasil tes tertulis, dan hasil wawancara. Ketiga metode pengumpulan data tersebut diberikan kepada kelas VII- A (Unggulan) MTs Negeri Karangrejo. Tes tertulis diikuti oleh 35 siswa dari 36 siswa kelas VII- A (Unggulan) dengan 4 butir soal yang dikerjakan dalam waktu 45 menit. Jawaban tes siswa diidentifikasi dan digolongkan menurut tingkat kemampuan. Setelah itu dipilih 6 siswa masing- masing jenjang diwakili 2 orang guna diwawancarai guna mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap jenjang kemampuan, yaitu, tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian ini diperoleh suatu gambaran tentang bagaimana kemampuan komunikasi baik verbal maupun non verbal anak kelas VII- A (Unggulan) MTs Negeri Karangrejo berdasarkan jenjang kemampuan tinggi, rendah, sedang. Diperoleh hasil jika anak dengan kemampuan tinggi mampu menuntaskan hampir semua kriteria komunikasi yang dijadikan acuan. Sedangkan anak dengan kemampuan sedang kurang memenuhi kriteria- kriteria komunikasi matematis walau anak telah mampu menyusun suatu argumen. Sedangkan anak dengan kemampuan rendah masih jauh dari harapan untuk memenuhi kriteria komunikasi matematis. Hal tersebut sebagaimana indikator yang dipaparkan dalam NCTM (National Council Of Teachers Of Mathematics)
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Dwi Terry Fahmiyati |
Date Deposited: | 04 Nov 2015 03:10 |
Last Modified: | 04 Nov 2015 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2579 |
Actions (login required)
View Item |