PENGARUH TRANSPARANSI ALOKASI DANA DESA, AKUNTABILITAS, DAN KEPERCAYAAN KEPADA PEMERINTAH DESA TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi Empiris Pada Warga Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek)

RIRIS ARIYANTI, 12403183228 (2022) PENGARUH TRANSPARANSI ALOKASI DANA DESA, AKUNTABILITAS, DAN KEPERCAYAAN KEPADA PEMERINTAH DESA TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi Empiris Pada Warga Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan Judul “Pengaruh Transparansi Alokasi Dana Desa, Akuntabilitas, Dan Kepercayaan Kepada Pemerintah Desa Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa(Studi Kasus Pada Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Riris Ariyanti, NIM. 12403183228, pembimbing Novi Khoiriawati, S.E., M.Acc. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keaktifan masyarakat yang dirasa masih sangat kurang berpartisipasi dalam pembangunan desa disegala bidang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, kurangnya transparansi dari Pemerintah Desa sehingga masyarakat kurang mengetahui apa saja yang menjadi program kerja Pemerintah Desa. kurangnya akuntabilitas Pemerintah juga menjadi salah satu penyebabnya. Karena jika laporan pertanggungjawaban dari Pemerintah Desa kurang maka masyarakat tidak akan bisa memberikan evaluasi terhadap program-program yang dijalankan sehingga menyulitkan masyarakat untuk memberikan penilaian. Jika transparansi dan akuntabilitas masuk kedalam kategori yang kurang baik maka kepercayayaan masyarakat kepada Pemerintah Desa juga akan berkurang sehingga akan berpengaruh terhadap partisipasi. Tujuan dalam penelitian ini meliputi : 1) Untuk menguji pengaruh Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa. 2) Untuk menguji pengaruh Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa. 3) Untuk menguji pengaruh Kepercayaan kepada Pemerintah Desa terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa. 4) Untuk menguji pengaruh Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa, Akuntabilitas, dan Kepercayaan Masyarakat kepada Pemerintah Desa terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dengan jumlah sampel sebanyak 373 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan pengambilan ukuran sampel minimum menggunakan persamaan Slovin. Berdasarkan Uji F (Simultan) variabel transparansi Alokasi Dana Desa, akuntabilitas, dan kepercayaan kepada Pemerintah Desa secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Sedangkan Berdasarkan Uji T (Parsial) variabel transparansi Alokasi Dana Desa dan kepercayaan kepada Pemerintah Desa tidak berpengaruh positif signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. sedangkan variabel akuntabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Secara simultan variabel transparansi Alokasi Dana Desa, akuntabilitas, dan kepercayaan kepada Pemerintah Desa berpengaruh positif signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Kata kunci : transparansi, akuntabilitas, kepercayaan, partisipasi masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Dana Desa
Hukum > Hukum Tata Negara > Desa
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403183228 RIRIS ARIYANTI
Date Deposited: 30 May 2022 06:19
Last Modified: 30 May 2022 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25807

Actions (login required)

View Item View Item