STUDI KOMPARASI KUALITAS PELAYANAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI TRENGGALEK JAWA TIMUR

VIKA MEI PRATIWI, 12401183044 (2022) STUDI KOMPARASI KUALITAS PELAYANAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI TRENGGALEK JAWA TIMUR. [ Skripsi ]

[img] Text
STUDI KOMPARASI KUALITAS PELAYANAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI TRENGGALEK JAWA TIMUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Kualitas pelayanan merupakan factor unggulan bagi lembaga yang bergerak pada bidang jasa. Setiap lembaga keuangan memiliki pelayanan yang berbeda dengan lembaga keuangan lainnya berdasarkan ciri khasnya masing-masing. Kualitas pelayanan diciptakan untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan anggota sesuai dengan harapannya. Tujuan penelitian ini untuk mencari kualitas pelayanan yang ideal dan bisa diterapkan pada lembaga keuangan mikro syariah melalui studi komparasi antar lembaga keuangan mikro syariah yang ada di Trenggalek. Pendekatan yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai 10 informan yang terdiri dari manajer, karyawan, dan tiga anggota dari KSPPS MPS dan BMT Berkah. Wawancara ini dilakukan pada saat jam kerja kedua lembaga mikro syariah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari aspek reliability, assurance, tangible, emphaty, dan responsiveness, KSPPS MPS sudah memenuhi kelima aspek tersebut. BMT Berkah masih belum memenuhi kelima aspek tersebut, khususnya pada aspek reliability dan tangible.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil
Ekonomi > Koperasi
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183044 VIKA MEI PRATIWI
Date Deposited: 31 May 2022 05:52
Last Modified: 31 May 2022 05:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25831

Actions (login required)

View Item View Item