PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI DAN KUALIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL PADA MADRASAH IBTIDAIYAH SE KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR

Puji, PUJI ASMAUL CHUSNA (2015) PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI DAN KUALIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL PADA MADRASAH IBTIDAIYAH SE KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR. [ Thesis ]

[img] Archive
2845134038 - Puji Asmaul Chusna.zip

Download (2MB)
Official URL: http://iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Tesis yang berjudul “Pengaruh Program Sertifikasi dan Kualifikasi Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Profesional pada MI se Kecamatan Talun Kabupaten Blitar” yang ditulis oleh Puji Asmaul Chusna di bimbing oleh Prof. Dr. Ahmad Patoni, M. Ag. Dan Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata Kunci: Program sertifikasi, kualifikasi guru, dan kompetensi Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu kebijakan pemerintah untuk meninngkatkan mutu kualitas pendidik di Indonesia, yaitu dengan program sertifikasi. Diharapkan akan mencetak guru yang profesional, dan berkompeten. Yang disertai dengan kualifikasi yang sesuai dengan UU Guru dan Dosen no 14 tahun 2005. Namun banyak guru yang sudah sertifikasi namun belum memiliki kompeten layaknya guru yang sudah sertifikasi. Dari fakta diatas maka menarik untuk diteliti seberapa besar pengaruh program sertifikasi dan kualifikasi guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Untuk Mengetahui hal diatas, maka peneliti merumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana gambaran secara umum guru yang tersertifikasi, terkualifikasi, kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional pada MI se- Kecamatan Talun Kabupaten Blitar?, 2)Bagaimanakah pengaruh program sertifikasi terhadap kompetensi pedagogik?, 3) Bagaimanakah pengaruh program sertifikasi terhadap kompetensi profesional?, 4) Bagaimanakah pengaruh kualifikasi terhadap kompetensi pedagogik?, 5) Bagaimanakah pengaruh kualifikasi terhadap kompetensi profesional?, 6) Bagaimanakah pengaruh program sertifikasi dan kualifikasi terhadap kompetensi pedagogik?, 7) Bagaimanakah pengaruh program sertifikasi dan kualifikasi terhadap kompetensi profesional? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran secara umum guru yang tersertifikasi, terkualifikasi, kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional pada MI se- Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. 2) Untuk mengetahui pengaruh program sertifikasi terhadap kompetensi pedagogik, 3) Untuk mengetahui pengaruh program sertifikasi terhadap kompetensi profesional, 4) Untuk mengetahui pengaruh kualifikasi terhadap kompetensi pedagogik, 5) Untuk mengetahui pengaruh kualifikasi terhadap kompetensi profesional, 6) Untuk mengetahui pengaruh program sertifikasi dan kualifikasi terhadap kompetensi pedagogik, 7) Untuk mengetahui pengaruh program sertifikasi dan kualifikasi terhadap kompetensi profesional. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Non Eksperimen, dan rancangan Ekspost Fakto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan angket, dengan rancangan correlation studies. Kemudian data diuji persyaratan dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, dan homogenitas. Setelah itu di uji hipotesis dengan menggunakan regresi ganda melalui SPSS for windows 15.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) program seritifikasi, kualifikasi guru, dan kompetensi pedagogik dan profesional dapat di deskripsikan bahwa: Guru MI Talun blitar dari 68,89% sudah mengikuti program sertifikasi. Dan 64,44% kualifikasi guru sudah S1 dalam kompetensi pedagogik 42,22% mendapat predikat baik. Sedangkan kompetensi profesional 55,55% sudah baik. 2) Tidak ada pengaruh program sertifikasi terhadap kompetensi pedagogik. Ini terbukti dari nilai signifikansi untuk variabel sertifikasi adalah 0,336 dan nilai tersebut lebih besar daripada probabilitas 0,05 (0,336 > 0,05). 3) tidak ada pengaruh sertifikasi terhadap kompetensi profesional. Karena nilai signifikansi untuk variabel Kualifikasi Guru adalah 0,415 dan nilai tersebut lebih besar daripada probabilitas 0,05 (0,415 > 0,05). 4) Ada pengaruh yang signifikan kualifikasi guru terhadap kompetensi pedagogik. Ini terlihatdari nilai signifikansi untuk variabel kualifikasi adalah 0,001 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05). 5) Ada pengeruh signifikan kualifikasi guru terhadap kompetensi profesional. Ini terlihat dari nilai signifikansi untuk variabel kualifikasi adalah 0,005 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,005 < 0,05). 6) Tidak ada pengaruh yang signifikan program sertifikasi dan kualifikasi terhadap kompetensi pedagogik. Nilai signifikansi uji serempak (Uji F) diperoleh nilai 0,081, lebih besar daripada probabilitas α yang telah ditetapkan (0,081 > 0,05). Dan secara bersama nilai uji serempak (Uji F) diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 8,837 > 4,07. 7) Ada pengaruh yang signifikan program sertifikasi dan kualifikasi guru terhadap kompetensi profesional. Nilai signifikansi uji serempak (Uji F) diperoleh nilai 0,032, lebih besar daripada probabilitas α (0,032 ˂ 0,05). Dan secara bersama nilai uji serempak (Uji F) diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 6,445 > 4,07.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Puji Asmaul Chusna M.Pdi.
Date Deposited: 17 Dec 2015 04:17
Last Modified: 17 Dec 2015 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2589

Actions (login required)

View Item View Item