IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Kasus Pada Natya Buket Pucanglaban Tulungagung)

LATIFA NI’MATUN NASIHIN, 12405183246 (2022) IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Kasus Pada Natya Buket Pucanglaban Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Media Sosial untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah (Studi Kasus pada Natya Buket Pucanglaban Tulungagung)” yang ditulis oleh Latifa Ni’matun Nasihin, NIM. 12405183246, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Pembimbing Dr. Nur Fadhilah, S.H.I, M.H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan usaha buket di Tulungagung. Natya Buket sebagai salah usaha buket memanfaatkan media sosial dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Implementasi Customer Relationship Management pada usaha buket yang didirikan oleh seorang mahasiswi pada tahun 2018 ini menjadi isu yang menarik untuk dikaji dengan menggunakan perspektif manajemen bisnis syariah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi Customer Relationship Management berbasis media sosial untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada Natya Buket, dan 2) Menganalisis implementasi Customer Relationship Management berbasis media sosial untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada Natya Buket dalam perspektif manajemen bisnis syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekataan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Customer Relationship Management berbasis media sosial untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada Natya Buket melalui 3 tahapan, yaitu: a) Menjaring pelanggan baru. Hal ini diterapkan dalam kegiatan menjawab pertanyaan konsumen dengan ramah dan senyum. Selain itu juga memberikan contoh produk sesuai dengan aslinya. b) Meningkatkan kemampuan untuk menghasilkan keuntungan dari pelanggan yang ada. Dalam hal ini, Natya Buket mendengarkan dan menerima komentar, keluhan, serta saran dari pelanggan baik langsung maupun mealui media sosial yang digunakan. Saran dari pelanggan adalah sebgai pengembangan bisnis Natya Buket. c) Mempertahankan pelanggan yang menguntungkan untuk kelangsungan hidup. Natya Buket memberikan sapaan langsung kepada pelanggan baik umum atau pribadi, memberikan pelayanan yang ramah dan memberikan konten menarik seperti giveaway. 2) Dalam perspektif manajemen bisnis syariah, implementasi Customer Relationship Management berbasis media sosial untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di Natya Buket dapat dikemukakan sebagai berikut: a) Dalam menjaring pelanggan baru, Natya Buket mengutamakan akhlak, dimana akhlak merupakan sumber utama keberhasilan seorang pebisnis syariah. b) Dalam meningkatkan kemampuan untuk menghasilkan keuntungan dari pelanggan yang ada, Natya Buket mengutamakan pembelajaran dalam operasional bisnisnya melalui komentar, keluhan dan saran dari pelanggan. c) Dalam mempertahankan pelanggan yang menguntungkan untuk kelangsungan hidup, Natya Buket mengutamakan pelayanan dan silaturrahim. Kata Kunci: Customer Relationship Management, loyalitas pelanggan, manajemen bisnis syariah, media sosial

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Customer
Ekonomi > Manajemen Syariah
Media Sosial
Ekonomi > Nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183246 LATIFA NI’MATUN NASIHIN
Date Deposited: 06 Jun 2022 05:05
Last Modified: 06 Jun 2022 05:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25927

Actions (login required)

View Item View Item