DHONI ARIANTI SONAH, 12403183053 (2022) AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 20 TAHUN 2018 DI DESA DLURUREJO KECAMATAN JATIKALEN KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (689kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (108kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul ”Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 di Desa Dlururejo Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk” ini ditulis oleh Dhoni Arianti Sonah, NIM. 12403183053 dengan pembimbing Dyah Pravitasari, S.E,. M.S.A. Pemerintah desa merupakan lembaga pemerintah yang bertugas mengelola wilayah pedesaan, yang sekarang mengalami perkembangan dikarenakan terdapat alokasi dana yang nilainya cukup besar disetiap tahun. Dana tersebut di kelola melalui beberapa tahap dimulai pada perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan serta pertanggungjawaban. Pemerintah Desa Dlururejo pada mengelola dana desa melakukan Siskeudes yang berpedoman pada Permendagri No.20 Tahun 2018 supaya sama pada asas akuntabilitas serta transparansi. Penelitian ini memfokuskan pada Pengelolaan Keuangan Desa Dlururejo berdasar pada Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dengan pengimplementasian Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) melewati beberapa tahapan yakni (1) tahapan perencanaan pada tata kelola dana desa. (2) tahapan pelaksanaan pada tata kelola dana desa. (3) tahapan penatausahaan pada tata kelola dana desa. (4) tahapan pelaporan pada tata kelola dana desa. (5) tahapan pertanggungjawaban pada tata kelola dana desa. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif berjenis penelitian fenomenologi. Adapun jenis data pada penelitian dibagi jadi 2 yaitu data primer serta sekunder. Data primer didapatkan dengan melakukan observasi serta wawancara dilokasi penelitian. Sementara data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen yang berupa Profil Desa serta Peraturan Kepala Desa. Teknik dalam mengumpulkan data didapatkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun narasumber pada penelitian ini yakni Aparatur Desa (Kepala Desa, Plt. Sekdes, Kaur keuangan, dan operator desa), BPD dan tokoh masyarakat. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Pada tahapan perencanaan tata kelola dana desa ada keterbukan pemerintah desa pada masyarakat berupa menyampaikan APB Desa pada masyarakat sesudah APB Desa selesai di susun. (2) tahapan pelaksanaan tata kelola dana desa ada asas akuntabel pemerintah desa yakni melakukan anggaran yang sudah di susun ditahap sebelumnya. (3) tahapan penatausahaan dana desa operator desa memiliki tugas menyusun pencairan dana serta surat pertanggungjawaban pada Siskeudes berdasar SPP yang sudah di ajukan. (4) ditahap pelaporan tata kelola dana desa, Kepala Desa menyampaikan laporan terlaksannya APB Desa dibulan Juli. (5) tahapan pertanggungjawaban, Kepala Desa menyampaikan laporan pertanggungjawaban APB Desa pada Bupati serta masyarakat diakhir tahunnya. Kata kunci : Akuntabilitas, Transparansi, Pengelolaan Keuangan Desa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Akuntansi Syariah Ekonomi > Bumdes Hukum > Hukum Tata Negara > Desa Ekonomi > Mata Uang Ekonomi > Sosial Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah |
Depositing User: | S1 12403183053 DHONI ARIANTI SONAH |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 05:56 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 05:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26018 |
Actions (login required)
View Item |