PENGARUH POSISI DEVISA NETO, DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING FINANCING, NET INTEREST MARGIN, DAN BANK SIZE TERHADAP PROFITABILITAS (RETURN ON ASSET) BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2013-Juni 2021)

ANA ZAHROTUL NGAINI, 12401183318 (2022) PENGARUH POSISI DEVISA NETO, DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING FINANCING, NET INTEREST MARGIN, DAN BANK SIZE TERHADAP PROFITABILITAS (RETURN ON ASSET) BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2013-Juni 2021). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tingkat profitabilitas yaitu ROA (Return On Asset) terhadap kinerja keuangan bank syariah dalam meningkatkan kualitas kesehatan bank. Tingkat profitabilitas (ROA) bank yang semakin tinggi, maka akan menjadikan kinerja keuangan dari bank tersebut yang semakin baik. Tinggi rendahnya profitabilitas (Return On Asset) dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh Posisi Devisa Neto terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Muamalat Indonesia, (2) Pengaruh Dana Pihak Ketiga terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Muamalat Indonesia, (3) Pengaruh Non Performing Financing terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Muamalat Indonesia, (4) Pengaruh Net Interest Margin terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Muamalat Indonesia, (5) Pengaruh Bank Size terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Muamalat Indonesia, (6) Pengaruh PDN, DPK, NPF, NIM, dan Bank Size secara simultan terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Muamalat Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Dalam pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan Bank Muamalat Indonesia periode 2013-Juni 2021 sejumlah 34 data. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 16.0. Dari hasil uji dijelaskan bahwa secara parsial: (1) PDN berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), (2) DPK berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), (3) NPF berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), (4) NIM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), (5) Bank Size berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), dan (6) Secara simultan PDN, DPK, NPF, NIM, dan Bank Size berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Kata kunci: Posisi Devisa Neto, Dana Pihak Ketiga, Non Performing Financing, Net Interest Margin, dan Bank Size, Profitabilitas (ROA).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Bunga Bank
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401183318 ANA ZAHROTUL NGAINI
Date Deposited: 11 Jun 2022 04:45
Last Modified: 11 Jun 2022 04:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26074

Actions (login required)

View Item View Item