PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (Studi Empiris pada Perangkat Desa di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

ALFINA EBRIANTY, 12403183229 (2022) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (Studi Empiris pada Perangkat Desa di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Komitmen Organisasi, dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris pada Perangkat Desa di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Alfina Ebrianty, NIM. 12403183229, Pembimbing Dianita Meirini, S.A., M.Si. Sekarang ini di Indonesia menjadikan desa sebagai prioritas pembangunan. Dalam rangka untuk mewujudkannya maka digelontorkan dana desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten atau Kota dalam jumlah besar. Namun kenyataannya dalam pengelolaannya masih banyak terdapat kasus korupsi dana desa yang dilakukan oleh perangkat desa. Oleh karena itu diperlukan penerapan akuntabilitas agar pengelolaan dana desa berjalan dengan baik dan mampu memberikan keyakinan kepada masyarakat atas pengelolaan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menguji pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. 2) Menguji pengaruh komitmen organisasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. 3) Menguji pengaruh sistem pengendalian internal terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. 4) Menguji pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, komitmen organisasi, dan sistem pengendalian internal secara simultan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penentuan sampel dengan teknik non probability sampling dengan kriteria perangkat desa yang menjabat sebagai kepala desa, sekretaris desa, kepala urusan keuangan, kepala urusan perencanaan, kepala urusan tata usaha dan umum, kepala seksi pemerintahan, kepala seksi kesejahteraan, dan kepala seksi pelayanan. Data yang digunakan berupa data primer dengan menyebar kuesioner dengan menggunakan skala likert kepada 122 perangkat desa yang telah memenuhi kriteria. Metode statistik yang digunakan yaitu uji kualitas data, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1) Pemanfaatan teknologi informasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. 2) Komitmen organisasi secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. 3) Sistem pengendalian internal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. 4) Pemanfaatan teknologi informasi, komitmen organisasi, dan sistem pengendalian internal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana. Kata kunci: Akuntabilitas pengelolaan dana desa, Komitmen organisasi Pemanfaatan teknologi informasi, Sistem pengendalian internal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Dana Desa
Ekonomi > Kinerja
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: S1 12403183229 ALFINA EBRIANTY
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:50
Last Modified: 14 Jun 2022 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26125

Actions (login required)

View Item View Item