PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING BAGI SISWA KELAS XII PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN

IKA WIDI ASTARI, 12208183106 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING BAGI SISWA KELAS XII PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi secara Daring bagi Siswa Kelas XII pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman” ini ditulis oleh Ika Widi Astari, NIM. 12208183106, pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: RPP Daring, Modul, Petunjuk Praktikum Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi COVID-19 yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring berdasarkan surat edaran Kemendikbud No. 36962/MPK.A/HK/2020. Minimnya perangkat pembelajaran daring yang ada, kurangnya keterampilan pendidik untuk membuat perangkat pembelajaran daring serta adanya penurunan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran biologi secara daring yang efektif khususnya pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Angket analisis kebutuhan perangkat pembelajaran biologi secara daring yang disebarkan ke peserta didik melalui googleform dengan link https://forms.gle/xDPzhSS1HoFPpBVa8, didapatkan bahwa sebanyak 77,8% responden menyatakan bahwa perangkat pembelajaran daring terutama pada materi pertumbuhan dan perkembangan masih belum memadahi. 66,7% responden setuju dan sebanyak 27,8% sangat setuju terhadap adanya alternatif pengembangan perangkat pembelajaran daring yang memadahi pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Berdasarkan alasan tersebut, maka peneliti mengembangkan beberapa perangkat pembelajaran daring yaitu RPP, modul dan petunjuk praktikum yang diaplikasikan pada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Darul Huda. Tujuan penulisan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran biologi secara daring bagi siswa kelas XII pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman (2) untuk mengetahui tingkat validitas perangkat pembelajaran biologi secara daring bagi siswa kelas XII pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran biologi secara daring bagi siswa kelas XII pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (RnD) dengan pendekatan data kuantitatif atau menggunakan mix method RnD-kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang latar belakang siswa kelas XII Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi yang digunakan sebagai sampel penelitian. Tes yang digunakan ada dua yaitu pre-test dan post-test untuk mengukur pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran biologi secara daring bagi siswa kelas XII pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman terhadap peningkatan hasil belajar. Sedangkan validitas perangkat pembelajaran ditentukan oleh validasi ahli. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran daring ini dikembangkan menggunakan model 4-D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan. Tahapan dalam pengembangan 4-D Thiagarajan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Peneliti mengembangkan sampai pada tahap pengembangan (develop). Tahap pendefenisian (define), meliputi analisis awal—akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (design), meliputi penyusunan tes, penyusunan media dan pemilihan format media yang dikembangkan. Tahap pengembangan (develop), meliputi rancangan awal, validasi ahli dan uji pengembangan sehingga diperoleh produk hasil pengembangan. 2) Berdasarkan data uji coba kevalidan perangkat pembelajaran dengan adanya revisi, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran daring pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII telah memenuhi kriteria kevalidan dengan rincian berikut ini: Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) daring sebesar 94% dinyatakan sangat valid; petunjuk praktikum sebesar 88% dinyatakan sangat valid; validasi modul sebesar 87% dinyatakan sangat valid dan layak digunakan. 3) Hasil uji Wilcoxon dengan bantuan hasil analisis SPSS 16.0 menunjukkan nilai Asymp. Sig. 0,00 < 0,05 yang dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima atau dengan pernyataan lain bahwa terdapat pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran biologi secara daring bagi siswa kelas XII pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Pembelajaran
Biologi > Perkembangan
Biologi > Pertumbuhan
Biologi > Tumbuhan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183106 IKA WIDI ASTARI
Date Deposited: 11 Jun 2022 06:46
Last Modified: 11 Jun 2022 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26130

Actions (login required)

View Item View Item