STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO MELALUI METODE BISNIS MODEL CANVAS UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PENGRAJIN BAN BEKAS DI TULUNGAGUNG

MIFTAKHUL KHOIRIYAH, 12405183342 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO MELALUI METODE BISNIS MODEL CANVAS UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PENGRAJIN BAN BEKAS DI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO MELALUI METODE BISNIS MODEL CANVAS UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PENGRAJIN BAN BEKAS DI TULUNGAGUNG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT This research aims to find out the design of a business model for micro-enterprises in the utilization of waste in the used tires form in Tulungagung using the Business Model Canvas (BMC) through SWOT analysis to obtain the suitable strategy in developing the business. This research used qualitative approach with the type of field research. The results showed that through a SWOT analysis, business development was done with a diversification strategy in the form of; maintain product quality and variety and optimize employees. Meanwhile, through BMC there are six aspects that need to be evaluated, including; customer segments, value propositions, channels, key resources, key activities, and cost structure. Keywords: Business Model Canvas, SWOT Analysis, MSME ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perancangan model bisnis pelaku usaha mikro yang bergerak pada pemanfaatan limbah berupa ban bekas di Tulungagung dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) melalui analisis SWOT dan untuk mendapatkan strategi yang sesuai dalam pengembangan usahanya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis field research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui analisis SWOT pengembangan usaha dilakukan dengan strategi diversifikasi yang berupa; menjaga mutu dan variasi produk serta pengopatimalisasian karyawan. Sedangkan melalui BMC terdapat enam balok yang perlu dievaluasi, meliputi; customer segments, value propositions, channels, key resources, key activities, dan cost srtucture. Kata Kunci: Bisnis Model Canvas, Analisis SWOT, UMKM

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Kinerja Pegawai
Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S.Pd. 12405183342 Miftakhul Khoiriyah
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:38
Last Modified: 15 Jun 2022 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26153

Actions (login required)

View Item View Item