lailia, kurniasari (2015) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MTsN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
skripsi lia.pdf Download (833kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK LAILIA KURNIASARI. Dosen Pembimbing Dr. H. Akhyak, M.Ag. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik sering mengalami kesulitan dalam mempelajari sejarah kebudayan Islam. Hal ini berdampak pada menurunya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayan Islam. Oleh sebab itu perlu adanya strategi khusus dari guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayan Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam melalui pendekatan individual dalam memotivasi belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam melalui pemberian sangsi dalam memotivasi belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam melalui pemberian bimbingan dalam memotivasi belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTsN Bandung Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari guru keagamaan dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Strategi guru pendidikan agama Islam melalui pendekatan individual yaitu guru melakukan pendekatan individual dengan mendekati siswa satu persatu. Guru harus mengenali karakter masing-masing individu, karena tiap individu memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda-beda, guru harus mampu menyajikan pelajaran yang menarik di depan kelas. Menarik dalam pengertian mengasyikkan, mudah dipahami, dan tidak membosankan siswa, (2) Strategi guru pendidikan agama Islam melalui pemberian sangsi yaitu hukuman hanya berupa gertakan untuk membuat siswa jera dan tidak merasa dirinya dihukum. Guru sangat berhati-hati dalam memberikan hukuman, biasanya dengan menyuruh siswa untuk hafalan. Namun jika siswa tidak jera maka diberlakukan poin. 3) Strategi guru pendidikan agama Islam melalui pemberian bimbingan yaitu dengan melakukan pendekatan individual terlebih dahulu untuk mengetahui dan mendalami karakter siswa, kepribadian siswa, dan permasalahan yang dikeluhkan oleh siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | lailia kurnia sari |
Date Deposited: | 25 Nov 2015 02:51 |
Last Modified: | 25 Nov 2015 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2616 |
Actions (login required)
View Item |