PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN II BOYOLANGU KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

SANTANU MUFTI RATNA WULANSARI, 12205183342 (2022) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN II BOYOLANGU KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (16MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Peran Guru dalam Pembelajaran Tematik selama masa Pandemi COVID-19 di SDN II Boyolangu Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung" ini ditulis oleh Santanu Mufti Ratna Wulansari, NIM. 12205183342 dibimbing oleh Suwanto, M.S.T Kata Kunci: Pendidikan, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Campuran, 3P, Miles dan Hubberman Sebuah instansi pendidikan merupakan sebuah sarana/fasilitas yang memiliki peran sangat penting didalam dunia pendidikan, dibebani dengan beberapa kewajiban mulia yang salah satunya adalah memberikan Pendidikan layak bagi peserta didik, melalui sistem yang sudah diatur berdasarkan kebutuhan dari masyarakat sekitamya. Kondisi dunia pendidikan sedang berada pada fase perubahan dimana hal yang menjadi ciri khas dari instansi pendidikan akan berubah total dikarenakan pandemi COVID-19 yang tengah mewabah. Hal tersebut adalah pembelajaran tatap muka, kini diganti dengan pembelajaran non-tatap muka atau biasa disebut dengan pembelajaran "daring". Salah satu instansi yang cukup menarik mata saya untuk melakukan penelitian adalah SDN 2 Boyolangu, karena ditinjau dari segi fasilitas instansi ini dikatakan masih kurang mendukung untuk melakukan pembelajaran daring, dari segi konektivitas jaringan juga masih terbatas, ditambah kualitas dari tenaga didik yang kurang terampil dalam melakukan kegiatan pembelaj aran model baru ini. Berdasarkan permasalahan tersebut saya mengemukakan beberapa fokus penelitian ini diantaranya; (1) bagaimana peran guru dalam merencanakan perangkat pembelajaran tematik selama masa pandemi COVID-19, (2) bagaimana peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik selama masa pandemi COVID-19, (3) bagaimana peran guru dalam mengevaluasi pembelajaran tematik selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik 3P menghasilkan wawancara mendalam (Person), observasi (Place), dokumentasi (Paper). Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman, dan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa ( 1) kesiapan guru dalam menyusun dan merencanakan perangkat pembelajaran berupa RPP, Silabus, PROMES, PROTA, dan Kalender Pendidikan sudah memumpuni, karena sebelum merencanakan perangkat pembelajaran daring berlangsung <lulu guru diberikan IHT (In House Training) atau pelatihan di sekolahan. (2) Pelaksanaan pembelajaran di SDN II Boyolangu difokuskan menggunakan grup WhatsApp dengan menggunakan model pembelajaran "Blended Leaming". Model Pembelajaran Blended Leaming ini membutuhkan adanya kerjasama dan komunikasi yang baik diantara guru dan wali siswa. Selama pembelajaran di masa pandemi ini pihak sekolah telah memberikan pemberitahuan bahwa pembelajaran antara guru dan siswa dilaksanakan secara dua tipe, tipe pertama pembelajaran dilakukan di lingkungan sekolah dengan menerapkan Pembalajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), sedangkan tipe kedua pembelajaran dilakukan di rumah dengan menerapkan pembelajaran daring. (3) Bentuk evaluasi pembelajaran terhadap peserta didik di SDN II Boyolangu, yaitu : dengan melakukan penilaian perkembangan sikap afektif (spiritual, sosial), kognitif dan psikomotor, selain itu guru juga menggunakan alat ukur evaluasi berupa tes tulis, tes lisan, dan basil karya peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183342 SANTANU MUFTI RATNA WULANSARI
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:10
Last Modified: 23 Jun 2022 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26175

Actions (login required)

View Item View Item