STRATEGI COPING ORANG TUA MURID PADA ANAK YANG MENGHADAPI KENDALA PEMBELAJARAN DARING DI MIN 15 MAGETAN

MUTIARA LUTFIATUL HANIFAH, 12306183027 (2022) STRATEGI COPING ORANG TUA MURID PADA ANAK YANG MENGHADAPI KENDALA PEMBELAJARAN DARING DI MIN 15 MAGETAN. [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI COPING ORANG TUA MURID PADA ANAK YANG MENGHADAPI KENDALA PEMBELAJARAN DARING DI MIN 15 MAGETAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi coping orang tua murid pada anak yang menghadapi kendala pembelajaran daring di MIN 15 Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Peran peneliti adalah sebagai pelaksana bimbingan, pengumpul data, dan penganalisis data. Subyek dari penelitian ini adalah 3 orang tua dan 3 anak yang menghadapi kendala pembelajaran daring. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kendala yang dialami oleh anak ketika melaksanakan pembelajaran daring yaitu layanan internet, minat belajar dan pemahaman materi. Sedangkan kendala yang dialami orang tua adalah mendampingi anak, kendala ekonomi, memotivasi anak, pemahaman materi dan kendala yang dialami anak ketika melaksanakan pembelajaran daring. Kendala yang dialami anak ketika menghadapi pembelajaran daring membuat tekanan sendiri bagi orang tua dan menimbulkan dampak negative sendiri bagi mereka. Para orang tua melakukan strategi coping yang berbeda-beda untuk menyelesaikan masalahnya. Pada subyek pertama ia menggunakan problem focused coping dan emotion focused coping, pada subyek kedua menggunakan emotion focused coping dan pada subyek ke tiga menggunakan problem focused coping dan emotion focused coping tetapi lebih condong pada emotion focused coping, dengan cara tersebut orang tua berhasil dan mendapatkan dampak positif. Kata kunci: Pembelajaran daring, Kendala Orang tua; Anak, Strategi Coping

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Daring
Bimbingan dan Konseling Islam > Kenakalan Remaja
Psikologi > Psikologi kepribadian
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306183027 MUTIARA LUTFIATUL HANIFAH
Date Deposited: 16 Jun 2022 13:57
Last Modified: 16 Jun 2022 13:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26182

Actions (login required)

View Item View Item