HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA SISWA KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG

LAURINA EKA PUTRI, 12306183026 (2022) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA SISWA KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA SISWA KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Abstrak: Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara kematangan emosi dan penyesuaian diri pada pembelajaran tatap muka pada siswa kelas 10 MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling yang dilakukan pada populasi siswa berjumlah 159 siswa dengan sampel sebanyak 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kematangan emosi dan skala penyesuaian diri. Pada analisis data, peneliti menggunakan metode uji normalitas, uji linieritas dan uji korelasi product moment dengan program SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara kematangan emosi dan penyesuaian diri pada pembelajaran tatap muka pada siswa kelas 10 MAN 3 Tulungagung. Hubungan tersebut ditunjukkan melalui hasil signifikasi sebesar 0,000 dengan p < 0,05 yang menyatakan bahwa kedua variable saling berkaitan. Dengan nilai r-hitung sebesar 0,744 yang berarti korelasi pada kematangan emosi dengan penyesuaian diri tergolong positif dengan korelasi kuat. Sehingga, pada penelitian ini apabila kematangan emosi pada diri individu tinggi, maka penyesuaian diri juga tinggi, begitupun sebaiknya. Kata kunci: kematangan emosi, pembelajaran, penyesuaian diri

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Luring
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306183026 LAURINA EKA PUTRI
Date Deposited: 16 Jun 2022 13:54
Last Modified: 16 Jun 2022 13:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26185

Actions (login required)

View Item View Item