MASROUL FILDANIYAH, 12211183060 (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI AYAT AL QURAN PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTSN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (636kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (541kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (911kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ayat Alquran pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTsN 3 Tulungagung” ditulis oleh Masroul Fildaniyah, NIM.12211183060, Pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbbas, M.Pd Kata Kunci: Modul Elektronik, Barbasis Kontekstual, Terintegrasi Ayat Alquran, Suhu dan Kalor Penelitian ini merupakan bentuk dukungan program prioritas merdeka belajar 2021 yakni digitalisasi sekolah dan medium pembelajaran serta penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini juga sebagai upaya mengatasi permasalahan pembelajaran fisika di MTsN 3 Tulunggagung. Permasalahan tersebut yakni kesulitan siswa dalam menerapkan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari, lemahnya hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor, serta bahan ajar yang belum terintegrasi dengan ayat Alquran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul elektronik, 2) mengetahui kelayakan modul elektronik, 3) mengetahui keterbacaan modul elektronik, 4) mengetahui efektifitas modul elektronik fisika berbasis kontekstual terintegrasi ayat Alquran pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar siswa MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model Brog and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdapat sepuluh langkah penelitian yakni potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk I, uji pemakaian, revisi produk II, dan produksi masal. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII MTsN 3 Tulungagung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket keterbacaan modul elektronik, dan soal post test. Hasil uji validasi menggunakan skala 1-4 ahli media memperoleh skor sebesar 3,35 menunjukkan kriteria valid dan hasil validasi materi memperoleh skor 3,32 menunjukkan kriteria valid. Berdasarkan uji validasi menunjukkan modul elektronik layak digunakan dalam pembelajaran. Pada uji coba pertama untuk mengetahui keterbacaan modul elektronik. Hasil uji coba pertama kepada 15 siswa memperoleh skor 3,47 menunjukkan kriteria sangat mudah digunakan dalam pembelajaran. Pada pengujian kedua untuk uji efektifitas ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 64,3 % dan kelas kontrol sebesar 28%. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung= 2,503 yang nilainya lebih besar dari ttabel = 2,004 untuk df=55, sehingga hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan modul elektronik fisika berbasis kontekstual terintegrasi ayat Alquran pada materi suhu kalor lebih tinggi dari kelas kontrol.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183060 Masroul Fildaniyah |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 04:31 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 04:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26208 |
Actions (login required)
View Item |