STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI KAYU MENGGUNAKAN METODE SWOT PADA UD LANGGENG JAYA DI DESA TAWANGSARI JOMBANG

YUNIANTI NURUL AULIA, 12405183389 (2022) STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI KAYU MENGGUNAKAN METODE SWOT PADA UD LANGGENG JAYA DI DESA TAWANGSARI JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI KAYU MENGGUNAKAN METODE SWOT PADA UD LANGGENG JAYA DI DESA TAWANGSARI JOMBANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Jurnal dengan judul “Strategi Meningkatkan Kualitas Produk Dalam Menghadapi Persaingan Industri Kayu Menggunakan Metode SWOT Pada UD Langgeng Jaya di Desa Tawangsari Jombang” ini ditulis oleh Yunianti Nurul Aulia, NIM. 12405183389, pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini dilatar belakangi dalam menghadapi persaing perlu adanya strategi yang tepat dan terencana, agar dapat mengantisipasi jalannya usaha dalam mengahadpi persaingan yang ketat, dengan menggunakan analisis SWOT dapat diketahui dimana posisi perusahaan berada dan mengambil keputusan strategi yang tepat digunakaan pada posisi perusahaan saat ini. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan strategi meningkatkan kualitas produk dalam menghadapi persaingan industri kayu menggunakan metode SWOT pada UD Langgeng Jaya di Desa Tawangsari Jombang. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana suasana persaingan antar usaha industry kayu di desa Tawangsari Kecamatan Mojowarno?, 2)Bagaimana penerapan kekuatan (strength), kelamahan (weaknesess), peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) UD Langgeng Jaya agar mampu bersaing?, dan 3) Bagaimana strategi meningatkan kualitas produk UD Langgeng Jaya menggunakan analisis SWOT untuk menghadapi persaingan usaha?. Dengan tujuan penelitaian yaitu Untuk mendeskripsikan suasana persaingan antar usaha industry kayu di desa Tawangsari Kec Mojowarno, Untuk mendeskripsikan penerapan kekuatan (strength), kelamahan (weaknesess), peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) UD Langgeng Jaya agar mampu bersaing dan Untuk mendeskripsikan dan menentukkan strategi meningkatkan kualitas produk UD Langgeng Jaya menggunakan analisis SWOT untuk menghadapi persaingan usahaPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta mwnggunakan teknik analisis dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian Berdasarkan hasil analisis diagram SWOT daiatas dapat diperoleh bahwa sumbu X dan Y menunjukkan posisi strategi meningkatkan kualitas produk berada pada kuadran I (satu) yang artinya mendukung strategi agresif atau pertumbahan karena Berdasarkan hasil analisis diagram SWOT dapat diperoleh bahwa sumbu X dengan nilai sebesar 0,39 dan sumbu Y berada pada posisi peluang dengan nilai sebesar 0,22. Strategi meningatkan kualitas produk UD Langgeng Jaya menggunakan analisis SWOT untuk menghadapi persaingan usaha dengan cara : Tawarkan harga produk yang kompetitif, Memberikan pelayanan yang baik untuk menghadapi Persaingan, Tetap mempertahankan kualitas produk yang berkualitas, Jangan saling menjatuhkan antar competitor, Memperluas promosi sesuai target pasar dan Perluas target Pasar Kata kunci: Strategi, Produk, Analisis SWOT, Persaingan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183389 Yunianti Nurul Aulia
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:06
Last Modified: 17 Jun 2022 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26216

Actions (login required)

View Item View Item