PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH BAGI SISWA KELAS XI DI SMA NU KEPANJEN

KHALIDA NAJAITA, 12208183164 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH BAGI SISWA KELAS XI DI SMA NU KEPANJEN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Peredaran Darah Bagi Siswa Kelas XI SMA NU Kepanjen” ini ditulis oleh Khalida Najaita,NIM 12208183164 Prodi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan,E-Modul Interaktif, Materi Sistem Peredaran Darah Penelitian pengembangan dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh materi sistem peredaran darah yang dirasa kompleks, adanya sumber belajar yang masih minim dan kondisi bahan ajar biologi menurut siswa kelas XI SMA NU Kepanjen berdasarkan pengisian analisis kebutuhan adalah biasa saja hingga membosankan. Selanjutnya karena sistem peredaran darah terjadi didalam tubuh manusia membuat materi ini masih abstrak jika media belajar yang digunakan masih minim visualisasi. Kondisi sekolah yang masih menggunakan sistem Blended Learning, menyebabkan peserta didik membutuhkan media belajar yang dapat digunakan secara tatap muka dengan guru di sekolah maupun secara mandiri di luar sekolah.Untuk membantu peserta didik menguasai materi tersebut, perlu adanya suatu media pembelajaran yang dapat memberikan pemahaman lebih tentang materi tentunya yang sesuai dengan kondisi sekolah. Sehingga peneliti mengembangkan E-Modul Interaktif pada mata pelajaran biologi materi sistem peredaran darah. Adapun menjadi tujuan penelitian adalah (1)Untuk mendeskripsikan Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Materi Biologi Sistem Peredaran Darah bagi Siswa Kelas XI di SMA NU Kepanjen. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Materi Biologi Sistem Peredaran Darah bagi Siswa Kelas XI di SMA NU Kepanjen. (3) Untuk mendeskripsikan keefektifitasan penggunan E-Modul Interaktif Pada Materi Biologi Sistem Peredaran Darah bagi Siswa Kelas XI di SMA NU Kepanjen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Sesuai dengan namanya, model ini terdiri dari lima fase atau tahap utama, yaitu (A)nalyze, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Sampel penelitian yakni peserta didik kelas XI IPA 1 SMA NU Kepanjen. Desain uji coba pada penelitian ini yaitu desain Pre-Experimental Design (nondesign) dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data berupa angket,wawancara,observasi,dan tes (pre-test dan post-test). Jenis data pada penelitian yaitu data kualitatif (hasil validasi para ahli,guru,dan uji keterbacaan yang berupa masukan,saran,dan kritik), serta data kuantitatif (skor validasi para ahli,guru,dan uji keterbacaan serta hasil pre-test post test). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif (penilaian dari para ahli,guru pengajar,dan uji keterbacaan siswa berupa saran,masukan,dan perbaikan) serta teknik analisis kuantitatif (hasil uji coba produk berupa nilai pre-test dan post-test) Hasil penelitian: (1) E-Modul interaktif materi sistem peredaran darah memiliki komponen seperti Cover, halaman intro (identitas modul,latar belakang,kompetensi dasar,indikator,uraian singkat materi, petunjuk penggunaan E-Modul interaktif),dan peta konsep,peta konsep,halaman menu utama,uraian pembelajaran 1, uraian pembelajaran 2, uraian pembelajaran 3 ,video ilustrasi, rangkuman, penugasan mandiri,latihan soal dan pedoman penilaian,glosarium,dan daftar pustaka.(2) Hasil validasi ahli materi yaitu 98% (sangat layak dan tidak perlu revisi, ahli media yaitu 84% (sangat layak dan tidek perlu revisi), hasil validasi guru pengajar biologi yaitu 85% (sangat layak dan tidak perlu revisi) dan hasil uji keterbacaan siswa yaitu 92,04% (sangat layak, tidak perlu revisi). (3) Hasil belajar yang diperoleh rata-rata nilai pre-test (48,5) dan post-test (80,4) artinya bahwa terdapat perubahan yaitu nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai rata-rata pre-test yaitu 80,4 > 48,5. Selanjutnya dianalisis melalui IBM SPSS Statistic 25 dengan uji Paired Sample T test dan diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari beberapa uraian diatas bahwa E-Modul Interaktif materi sistem peredaran darah layak dan efektif sebagai media belajar untuk mempelajari materi sistem peredaran darah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Biologi > Manusia
Teknologi Informasi
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183164 Khalida Najaita
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:13
Last Modified: 17 Jun 2022 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26221

Actions (login required)

View Item View Item