PENGARUH PERAN PERANGKAT DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (Studi Pada Perangkat Desa di 19 Desa Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung)

PRISDA NOVIA ANANDA, 12403183123 (2022) PENGARUH PERAN PERANGKAT DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (Studi Pada Perangkat Desa di 19 Desa Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Peran Perangkat Desa, Partisipasi Masyarakat, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi pada Perangkat Desa di 19 Desa Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis Prisda Novia Ananda, NIM 12403183123, pembimbing Novi Khoiriawati, S.E., M.Acc. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh akuntabilitas pengelolaan dana desa sebagai bentuk pertanggungjawaban pemegang amanah terhadap tindakan, kinerja, dan keputusan kepada pihak pemberi amanah. Dengan adanya dana desa yang jumlahnya tidak sedikit, pengelolaannya dituntut menggunakan aspek tata pemerintahan yang baik dimana salah satu pilarnya yaitu akuntabilitas. Sehingga sangat penting untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi akuntabilitas pengelolaan dana desa di 19 desa pada Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung agar dapat menjalankan tugasnya sebagai pengelola dana desa secara tanggung jawab dan masyarakat bisa mengetahui manfaat dan bagaimana pengelolaan adanya dana desa tersebut. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menguji pengaruh peran perangkat desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa pada perangkat desa di 19 Desa Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk menguji pengaruh partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa pada perangkat desa di 19 Desa Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk menguji pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa pada perangkat desa di 19 Desa Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. (4) Untuk mengetahui pengaruh peran perangkat desa, partisipasi masyarakat, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa pada perangkat desa di 19 Desa Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 114 responden. Dalam penelitian ini menggunakan pengukuran skala likert. Untuk pengolahan data menggunakan SPSS 20. Dan metode analisis regresi linier berganda digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran perangkat desa berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, (2) partisipasi masyarakat tidak berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, (3) pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, (4) peran perangkat desa, partisipasi masyarakat, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Kata Kunci : Peran Perangkat Desa, Partisipasi Masyarakat, Pemanfaatan Teknologi Informasi , dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Bumdes
Ekonomi > Dana Desa
Hukum > Hukum Tata Negara > Desa
Kepemimpinan > Kepala Daerah
Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403183123 PRISDA NOVIA ANANDA
Date Deposited: 17 Jun 2022 09:31
Last Modified: 17 Jun 2022 09:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26263

Actions (login required)

View Item View Item