PENGARUH KEDISIPLINAN, KOMPETENSI DAN KINERJA GURU PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN SE-KABUPATEN BLITAR

Maya, Ismayanti (2015) PENGARUH KEDISIPLINAN, KOMPETENSI DAN KINERJA GURU PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN SE-KABUPATEN BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
1. TESIS MAYA ISMAYANTI-2846134028-PAI C.PDF

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. EXECUTIVE SUMMARY.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BIODATA PENULIS.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan, Kompetensi dan Kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Maya Ismayanti, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM:2846134028, Tahun 2015 di bimbing oleh Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M. Ag, dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Kedisiplinan, Kompetensi, Kinerja guru PAI, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh melemahnya kinerja guru bisa dilihat antara lain adanya gejala-gejala guru yang sering membolos/mangkir mengajar, guru yang masuk ke kelas yang tidak tepat waktu atau terlambat masuk ke sekolah, guru yang mengajar tidak mempunyai persiapan mengajar atau persiapan mengajarnya yang kurang lengkap. Tugas guru yang rutin dalam kegiatan belajar mengajar menunjukkan fenomena bahwa guru mengajar hanya sebuah rutinitas belaka tanpa adanya inovasi pengembangan lebih lanjut, bahkan adanya beberapa konsep metode belajar mengajar yang baru seperti quantum teaching masih jarang untuk diterapkan, dikarenakan metode belajar aktif kurang begitu menarik bagi mereka. Prinsip oleh sebagian guru mengatakan yang penting kegiatan belajar mengajar sesuai dengan job dan jam yang telah ia penuhi sudah cukup bagi mereka. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar?, (2) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi dan kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar?, (3) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara Kinerja Guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar?, (4) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dan kompetensi terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar?, (5) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dan kinerja Guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar?, (6) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi dan kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar?, (7) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan, kompetensi dan kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar?. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTsN se Kabupaten Blitar sebanyak 8 lembaga sekolah. Kemudian dengan teknik cluster sampling dipilih 3 lembaga sekolah dengan populasi sebanyak 1877 siswa. Dalam penelitian ini jumlah sampel berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan oleh Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% yaitu sebanyak 292 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana, regresi berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (3, 823 >1,968). Nilai signifikansi t untuk variabel kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (3, 590 >1,968). Nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi terhadap prestasi belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (4,012 >1,968). Nilai signifikansi t untuk variabel kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dan kompetensi terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dari fhitung > ftabel (14,544 > 3,04). Nilai signifikansi f untuk variabel kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (5) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dan kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dari fhitung > ftabel (14,361 > 3,04). Nilai signifikansi f untuk variabel kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (6) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi dan kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dari fhitung > ftabel (14,578> 3,04). Nilai signifikansi f untuk variabel kompetensi dan kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (7) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan kompetensi dan kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTsN se-Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dari fhitung > ftabel (14,419 > 2,65). Nilai signifikansi f untuk variabel kompetensi dan kinerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kedisiplinan, Kompetensi, Kinerja guru PAI, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maya Ismayanti
Date Deposited: 07 Dec 2015 03:30
Last Modified: 07 Dec 2015 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item