PENERAPAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X MA NURUL ULUM MUNJUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

HERIN YUYUNG WIJI UTAMI, 12210183061 (2022) PENERAPAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X MA NURUL ULUM MUNJUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas X MIPA 2 MA Nurul Ulum Munjungan dengan menggunakan metode investigasi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 MA Nurul Ulum Munjungan yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes menulis argumentasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (demokratis, proses, dialogis) dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi dari segi proses maupun produk pada siswa kelas X MIPA 2 MA Nurul Ulum Munjungan. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat dari peran guru maupun siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan munculnya respons positif melalui sikap kerja sama dan antusias yang ditunjukkan siswa, serta kondisi pembelajaran yang berlangsung dengan kondusif. Peningkatan proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan produk. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor tulisan argumentasi siswa dari pratindakan hingga siklus II. Rata-rata skor pada saat pratindakan sebesar 65,26, rata-rata pada siklus I sebesar 72,45, dan rata-rata pada siklus II sebesar 76,03. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 10,77

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210183061 HERIN YUYUNG WIJI UTAMI
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:56
Last Modified: 30 Jun 2022 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26494

Actions (login required)

View Item View Item