PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN 7 TULUNGAGUNG

NURAINI, 12205183054 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MIN 7 Tulungagung” ditulis oleh Nuraini, NIM 12205183054. Jurusan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahamatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M. Ag. NIP. 1969091820000031002 Kata Kunci : Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar Kognitif, Hasil Belajar Afektif, Hasi Belajar Psikomotorik Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya nilai hasil belajar kogntif, afektif dan psikomotorik peserta didik. Hal tersebut dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang sesuai, alakadarnya, hanya menggunakan model pembelajaran konvensional/ceramah pada mata pelajaran akidah akhlah. Sehingga siswa merasa bosan tidak menemukan hal baru pada mata pelajaran akidah akhlah hanya mendengar saja dan tidak melatih peserta didik untuk mengembangkan berpikir kritis dan pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 7 Tulungagung; 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar afektif siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 7 Tulungagung; 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 7 Tulungagung; 4) Untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 7 Tulungagung. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen Quasi Ekxsperimental Design. Populasi penelitian adalah kelas V MIN 7 Tulungagung, sample diambil dari kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, tes hasil belajar, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Manova, yang sebelumnya telah diuji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas varian, dan uji homogenitas matriks varian/covarian. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Example Non Example menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar di ranah kognitif siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig. sebesar 0.009; 2) Ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar di ranah afektif siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig. sebesar 0.031; 3) Ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar di ranah psikomotorik siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig. sebesar 0.003; 4) Ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar secara bersamaan dilihat dari hasil tabel Multivariate tests menunjukkan bahwa harga F untuk Pilla’s Trance, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root pada kelas memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Luring
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: NUR AINI
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:03
Last Modified: 28 Jun 2022 08:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26512

Actions (login required)

View Item View Item