PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN BAGI SISWA KELAS XI DI MAN I JOMBANG

LAZULFAH NADHIFATUL MAULANI, 12208183157 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN BAGI SISWA KELAS XI DI MAN I JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Interaktif Terintegrasi Nilai Keislaman pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan Bagi Siswa Kelas XI di MAN 1 Jombang” ini ditulis oleh Lazulfah Nadhifatul Maulani, NIM 12208183157 Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Tulungagung yang dibimbing oleh Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul Interaktif, Integrasi Nilai Keislaman, Materi Sistem Pernapasan Penelitian pengembangan dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh materi sistem pernapasan pada manusia yang dirasa kompleks, adanya sumber belajar yang masih minim dan kondisi bahan ajar biologi menurut siswa kelas XI MAN 1 Jombang berdasarkan pengisian angket analisis kebutuhan adalah masih bersifat konvensional dan belum memenuhi keinginan para siswa. Selanjutnya karena sistem pernapasan terjadi di dalam tubuh manusia membuat materi ini masih abstrak jika media belajar yang digunakan masih minim visualisasi. Kondisi sekolah yang masih menggunakan sistem Blended Learning, menyebabkan peserta didik membutuhkan media belajar yang dapat digunakan secara tatap muka dengan guru di sekolah maupun secara mandiri di luar sekolah. Di sisi lain, media pembelajaran yang tersedia juga belum terintegrasi nilai keislaman yang cukup penting dalam meningkatkan wawasan siswa dalam ranah afektif. Untuk membantu peserta didik menguasai materi tersebut, perlu adanya suatu media pembelajaran yang dapat memberikan pemahaman lebih tentang materi yang tentunya sesuai dengan kondisi sekolah. Sehingga peneliti mengembangkan E-Modul Interaktif terintegrasi nilai keislaman pada mata pelajaran biologi materi sistem pernapasan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan Pengembangan E-Modul Interaktif Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Biologi Sistem Pernapasan bagi Siswa Kelas XI di MAN 1 Jombang. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan Pengembangan E-Modul Interaktif Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Biologi Sistem Pernapasan bagi Siswa Kelas XI di MAN 1 Jombang. (3) Untuk mendeskripsikan keefektifan penggunan E-Modul Interaktif Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Biologi Sistem Pernapasan bagi Siswa Kelas XI di MAN 1 Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Sesuai dengan namanya, model ini terdiri dari lima tahapan utama, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sampel penelitian yakni peserta didik kelas XI MIPA 2 MAN 1 Jombang. Desain uji coba pada penelitian ini yaitu desain Pre-Experimental Design (nondesign) dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Jenis data pada penelitian yaitu kualitatif (validasi para ahli, guru, dan uji keterbacaan siswa berupa saran atau masukan), serta data kuantitatif (skor validasi para ahli, guru, dan uji keterbacaan siswa serta hasil pre-test post test). Teknik analisis data yang digunakan yaitu skala likert (untuk analisis data hasil validasi dan uji instrumen uji coba), dan uji statistika berupa uji prasyarat,dan uji Paired T test (untuk hasil pre-test dan post-test). Hasil penelitian: (1) E-Modul interaktif terintegrasi nilai keislaman materi sistem pernapasan memiliki komponen seperti cover, halaman menu utama, halaman glosarium, halaman peta konsep, halaman pendahuluan, halaman kegiatan pembelajaran 1, kegiatan pembelajaran 2, kegiatan pembelajaran 3, dan daftar pustaka. Pada kegiatan pembelajaran terdapat uraian materi, gambar ilustrasi, video ilustrasi, penugasan mandiri, Sains dalam Al- Quran, serta rangkuman dan yang terakhir adalah latihan soal pada setiap kegiatan pembelajaran. (2) Hasil validasi ahli materi dengan persentase 98% (sangat layak dan tidak perlu revisi, ahli media yaitu 96,2% (sangat layak dan tidak perlu revisi), hasil validasi guru pengajar biologi yaitu 97,5% (sangat layak dan tidak perlu revisi) dan hasil uji keterbacaan siswa yaitu 88,1% (sangat layak, tidak perlu revisi). (3) Hasil belajar yang diperoleh rata-rata nilai pre-test (63,9) dan post-test (82,6) artinya bahwa terdapat perubahan yaitu nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai rata-rata pre-test yaitu 82,6 > 63,9. Selanjutnya dianalisis melalui IBM SPSS Statistic 16 dengan uji Paired Sample Test dan diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 atau 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari beberapa uraian di atas bahwa E-Modul Interaktif terintegrasi nilai keislaman materi sistem pernapasan layak dan efektif sebagai media belajar untuk mempelajari materi pernapasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183157 LAZULFAH NADHIFATUL MAULANI
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:48
Last Modified: 14 Feb 2023 05:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26545

Actions (login required)

View Item View Item