STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA PEMBUATAN TAHU TAKWA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus UMKM “Tahu 99” Lingkungan Bence Kelurahan Pakunden Kota Kediri)

VIKA AULIYAH, 12402183019 (2022) STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA PEMBUATAN TAHU TAKWA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus UMKM “Tahu 99” Lingkungan Bence Kelurahan Pakunden Kota Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (552kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran pada Usaha Pembuatan Tahu Takwa dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus UMKM “Tahu 99” Lingkungan Bence, Kelurahan Pakunden Kota Kediri)” ini ditulis oleh Vika Auliyah, NIM 12402183019, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: Dr. H. Asmawi, M. Ag. Seiring dengan kemajuan teknologi, semakin bertambah pula para pelaku ekonomi khususnya dalam kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Para pelaku UMKM yang membludak, membuat pelaku UMKM harus dengan sigap menghadapi ketatnya persaingan. Dalam hal ini, pemilihan pemasaran strategi yang tepat menjadi sebuah hal yang penting bagi sebuah perusahaan agar produk yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Atas dasar hal tersebut penulis tertarik melakukan analisis bauran pemasaran 4P terhadap salah satu UMKM yang ada di sentra tahu Kota Kediri yang beralamat di Lingkungan Bence Kelurahan Pakunden Kota Kediri yaitu UMKM “Tahu 99”. UMKM “Tahu 99” merupakan salah satu usaha mikro pengrajin tahu yang merupakan bagian dari sentra tahu di Tinalan gang IV Kota Kediri. Dengan demikian, sebelum dilakukannya pemasaran maka pada sebuah usaha perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran produk. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh usaha tahu takwa “Tahu 99” dalam meningkatkan volume penjualan meliputi bauran pemasaran (marketing mix) 4P (2) Kendala apa yang menghambat UMKM “Tahu 99” dalam menerapkan strategi pemasaran juga meliputi faktor penghambat dan faktor pendukung yang ada pada UMKM “Tahu 99” dan (3) Solusi dari adanya kendala dalam penerapan strategi pemasaran pada UMKM “Tahu 99”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan yang diterapkan oleh UMKM “Tahu 99” yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran 4P yang meliputi a) product (produk), b) price (harga), c) place (tempat), dan d) promotion (promosi). (2) Kendala yang dihadapi oleh UMKM “Tahu 99” dalam penerapan strategi bauran pemasaran yaitu adanya kendala dari segi harga, pesang, dan produksi. (3) Solusi dari adanya kendala dalam melakukan strategi bauran pemasaran pada UMKM “Tahu 99”. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183019 VIKA AULIYAH
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:35
Last Modified: 28 Jun 2022 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26573

Actions (login required)

View Item View Item