PENGARUH FAKTOR MANFAAT, PENGETAHUAN, MOTIVASI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH MELALUI GALERI INVESTASI SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

MAULIA SEPTA DILASARI, 12406183027 (2022) PENGARUH FAKTOR MANFAAT, PENGETAHUAN, MOTIVASI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH MELALUI GALERI INVESTASI SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Faktor Manfaat, Pengetahuan, Motivasi dan Modal Minimal Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Galeri Investasi Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)” ini ditulis oleh Maulia Septadilasari, NIM. 12406183027, yang di bimbing oleh Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M.Kom. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembangnya industri pasar modal yang pesat sehingga memegang peranan penting serta bagian yang tidak terpisahkan dalam perekonomian suatu Negara. Dalam meningkatkan literasi masyarakat tentang pasar modal, Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan perguruan tinggi dan perusahaan sekuritas untuk meningkatkan minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal yang didukung dengan adanya Galeri Investasi Syariah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini berjutuan untuk menguji pengaruh faktor manfaat, pengetahuan, motivasi dan modal minimal terhadap minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal baik secara parsial maupun secara simultan. Haasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan literasi evaluasi dalam meningkatkan minat berinvestasi di pasar modal syariah. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sumber data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran koesioner secara langsung kepada responden yaitu mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah yang aktif mulai dari tahun periode 2018 sampai dengan tahun 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan tingkat lima preferensi jawaban dan sampel sebanyak 85 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) manfaat investasi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah (2) pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah (3) motivasi investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah (4) modal minimal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah (5) faktor manfaat, faktor pengetahuan, faktor motivasi dan modal minimal secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah. Kata kunci: Manfaat, Pengetahuan, Motivasi, Modal Minimal Dan Minat Investasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Investasi
Ekonomi > Pasar Modal
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: S1 12406183027 MAULIA SEPTADILASARI
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:19
Last Modified: 01 Jul 2022 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26650

Actions (login required)

View Item View Item