RITUAL MENANGKAL SIAL ‘’KEBRUK’AN GUNUNG’’ DALAM ADAT PERKAWINAN JAWA PERSPEKTIF ULAMA (Studi Kasus Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung)

ROSSI NURUL DIANTI, 12102183134 (2022) RITUAL MENANGKAL SIAL ‘’KEBRUK’AN GUNUNG’’ DALAM ADAT PERKAWINAN JAWA PERSPEKTIF ULAMA (Studi Kasus Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rossi Nurul Dianti. 12102183134, Ritual Menangkal Sial “Kebruk’an Gunung”Dalam Adat Perkawinan Jawa Perspektif Ulama (Studi Kasus Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tungungagung) Jurusan Hukum Keluarga Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I Kata Kunci : Ritual Menangkal Sial, Hukum Islam Pelaksanaan Ritual Menangkal Sial Dalam Tradisi “Kebruk'an Gunung” di Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung merupakan tradisi di mana pengantin memberikan bumbu dapur kepada rumah tetangga yang salah satu anggota keluarganya baru meninggal. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah : 1. Bagaimana pelaksanaan Ritual Menangkal Sial Dalam Tradisi “Kebruk'an Gunung” di Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung? 2. Bagaimana pandangan ulama Nahdlatul Ulama terhadap pelaksanaan Ritual Menangkal Sial Dalam Tradisi “Kebruk'an Gunung” di Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung? 3. Bagaimana pandangan ulama Muhammadiyah terhadap pelaksanaan Ritual Menangkal Sial Dalam Tradisi “Kebruk'an Gunung” di Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan data Collecting, data editing, data verifikasi, dan data reducting. Teknik keabsahan data digunkan dalam penelitian ini adalah Trianggulasi yang menggabungkan dari dua teknikpengumpulan data dan dari sumber yang telah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan Ritual Menangkal Sial Dalam Tradisi “Kebruk'an Gunung” Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung ini merupakan tradisi adat jawa di mana pengantin memberikan bumbu dapur kepada tetangga yang salah satu anggota keluarganya baru meninggal. Kemudian 2) Ritual Menangkal Sial Dalam Tradisi “Kebruk'an Gunung” Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung menurut ulama Nahdlatul Ulama dalam analisis ini boleh dilakukan jika niatnya untuk bersedekah. 3. Ritual Menangkal Sial Dalam Tradisi “Kebruk'an Gunung” Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung menurut ulama Muhammadiyah supaya di hilangkan secara perlahan-lahan dari masyarakat agar tidak salah untuk memaknai sebagai penolak bala akan kesialan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Masyarakat Islam
Pengembangan Masyarakat Islam
Peradilan Islam > Perkawinan
Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183134 ROSSI NURUL DIANTI
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:41
Last Modified: 30 Jun 2022 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26690

Actions (login required)

View Item View Item