PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDATAAN DESA SEBAGAI TAHAPAN PROGRAM SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DESA PERSPEKTIF PERMENDESA PDTT NO. 21 TAHUN 2020 DAN MAQASHID SYARIAH (STUDI KASUS DI KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG)

DEVIS INDERA PERMANA, 12103173055 (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDATAAN DESA SEBAGAI TAHAPAN PROGRAM SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DESA PERSPEKTIF PERMENDESA PDTT NO. 21 TAHUN 2020 DAN MAQASHID SYARIAH (STUDI KASUS DI KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Devis Indera Permana, 12103173055, Partisipasi Masyarakat Dalam Pendataan Desa Sebagai Tahapan Program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Perspektif Permendesa PDTT No. 21 Tahun 2020 dan Maqashid Syariah (Studi Kasus di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung), Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Ahmadi Abdul Shomad F.N., M.H. Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Pendataan Desa, Sustainable Development Goals (SDGs) Desa, Maqashid Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai pentingnya partisipasi masyarakat dalam pendataan desa sebagai tahapan program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Dalam menentukan suatu kebijakan dan keputusan, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan karena sangat menentukan suatu perencanaan maupun pencapaian suatu program yang telah dirumuskan. Dalam program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa, pendataan desa merupakan tahap awal yang harus dipenuhi. Agar program berjalan dengan semestinya, partisipasi masyarakat yang baik akan mendorong tercapainya percepatan program tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) Menganalisis partisipasi masyarakat dalam pendataan desa di Kecamatan Gondang; 2) Menganalisis partisipasi masyarakat dalam pendataan desa di Kecamatan Gondang berdasarkan perspektif Permendesa PDTT No. 21 Tahun 2020; 3) Menganalisis partisipasi masyarakat dalam pendataan desa di Kecamatan Gondang berdasarkan perspektif Maqashid Syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum empiris dengan metode kualitatif menggunakan penelitian data lapangan. Metode kualitatif memberikan kemudahan bagi penulis untuk memperoleh data secara lengkap dan lebih akurat dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber yang telah ditentukan sesuai fokus permasalahan yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pendataan desa sebagai tahapan program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa terdapat beberapa faktor dalam pelaksanaannya, yaitu: 1) Faktor pemahaman masyarakat; 2) Faktor sulitnya menemui sumber data yang akurat; 3) Faktor kesadaran masyarakat maupun relawan pendataan terhadap pentingnya program pendataan desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara > Desa
Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103173055 DEVIS INDERA PERMANA
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:11
Last Modified: 30 Jun 2022 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26752

Actions (login required)

View Item View Item