PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI DAN RISIKO INVESTASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH MELALUI GALERI INVESTASI SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

LIA SELVIANA, 12406183004 (2022) PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI DAN RISIKO INVESTASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH MELALUI GALERI INVESTASI SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Dan Risiko Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Galeri Investasi Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)” di tulis oleh Lia Selviana NIM. 12406183004 dengan dosen pembimbing pembimbing Nadia Roosmalitasari, S.Pd., M.Kom. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan industri pasar modal syariah yang pesat sehingga hal ini memegang peran yang penting serta bagian yang tidak terpisahkan dalam perekonomian suau negara. Untuk meningkatkan minat investasi mahasiswa maka Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan perguruan-perguruan tinggi yang ada di Indonesia dengan mendirikan Galeri Investasi Syariah yang bertujuan untuk menjaring investorinvestor muda dari kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan investasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah melalui galeri investasi syariah, menguji pengaruh motivasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah melalui galeri investasi syariah, menguji pengaruh risiko investasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah melalui galeri investasi syariah dan untuk menguji pengaruh pengetahuan investasi, motivasi dan risiko investasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa jurusan manajemen keuangan syariah angkatan tahun 2018-2020. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus slovin yang berjumlah 85. Data penelitian bersifat primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online. Data di uji melalui beberapa tahapan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji auto korelasi, uji regresi linear berganda, uji t (parsial), uji F (Simultan) dan uji determinasi R Square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah melalui galeri investasi syariah (2) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah melalui galeri investasi syariah (3) risiko investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah melalui galeri investasi syariah (4) pengetahuan investasi, motivasi dan risiko investasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah melalui galeri investasi syariah. Kata Kunci : Pengetahuan Investasi, Motivasi, Risiko Investasi, Minat Investasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Investasi
Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Pasar Modal
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: S1 12406183004 LIA SELVIANA
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:30
Last Modified: 01 Jul 2022 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26756

Actions (login required)

View Item View Item