YULIANASARI, EKA (2015) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYAH FASTABICHUL KHOIROT JOHO KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN 2015. [ Skripsi ]
|
Text
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYAH FASTABICHUL KHOIROT JOHO KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN 2015.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Madrasah Diniyah Fastabichul Khoirot Tahun 2015” ini ditulis oleh Eka Yulianasari, NIM. 3211113062, pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. Kata Kunci : Upaya Guru dan Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah rasa ingin tahu tentang upaya guru madrasah diniyah dalam meningkatkan motivasi belajar santri. Dalam hal ini peneliti merasa tertarik dengan upaya yang dilakukan guru di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot Joho Kalidawir Tulungagung untuk meningkatkan motivasi belajar santrinya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana upaya guru dalam membimbing santri guna meningkatkan motivasi belajar santri di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot? (2) bagaimana upaya guru dalam memberi pujian santri guna meningkatkan motivasi belajar santri di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot? (3) bagaimana upaya guru dalam memberi hadiah pada santri berprestasi guna meningkatkan motivasi belajar santri di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya guru dalam membimbing santri guna meningkatkan motivasi belajar santri di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot. (2) Untuk mengetahui upaya guru dalam memberi pujian santri guna meningkatkan motivasi belajar santri di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot. (3) Untuk mengetahui upaya guru dalam memberi hadiah pada santri berprestasi guna meningkatkan motivasi belajar santri di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan jenis penelitian Grounded Theory. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan (1) Wawancara, (2) Pengamatan (observasi) dan (3) Dokumentsi. Sumber data dipilih secara purpossive dan dengan snowball sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan mengunakan tehnik trianguasi sumber data artinya membadingkan dan meng crosscheck data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dengan isi dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot Joho Kalidawir Tulungagung guru memberikan bimbingan berupa arahan, nasehat, dukungan dan dorongan agar santri lebih termotivasi dalam meningkatkan motivasi belajarnya. Dan guru menggunakan strategi pembelajaran langsung dengan konsep reward and punishment. Strategi pembelajaran langsung dilakukan dengan memberi bimbingan kepada santri satu per satu dengan memberikan contoh kemudian santri menirukan. Sedangkan reward yang diberikan oleh guru kepada santri berupa pemberian pujian dan pemberian haidah pada santri berprestasi. Punishment yang diberikan oleh guru berupa istigfar dan kafaroh, dan hukuman diberikan sesuai dengan kesalahan yang telah dilakukan oleh santri masing-masing.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 175615015 EKA YULIANASARI |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 07:49 |
Last Modified: | 23 Nov 2015 07:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2677 |
Actions (login required)
View Item |