PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

MOHAMMAD SHOLIKHIN ALWI, 17205163316 (2021) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mohammad Sholikhin Alwi. 17205163316 2021. Pengaruh Media Animasi terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Ekstrakurikuler Pramuka di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Pembimbing Nuryani, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Animasi, Media Pembelajaran, dan Minat Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (menghitung) mengetahui pengaruh antara media animasi 2 dan 3 dimensi terhadap minat belajar peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan rancangan probability sampling, teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Sampel terdiri dari 19 subjek dari kelas eksperimen dan 22 subjek dari kelas kontrol. `Landasan teori utama (Grand Theory) dalam penelitian ini adalah teori Animasi (Rusdianto, 2008). Untuk mendukung teori utama (Middle theory) penulis menggunakan teori Media Pembelajaran (Sadiman, 2009), dan untuk applied theory yang digunakan adalah teori Minat Belajar (Nandya, 2017). Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara: 1) media animasi 2 dimensi terhadap minat belajar peserta didik dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Nilai sig. (2-tailed) 0,004 <0,05; 2) media animasi 3 dimensi terhadap minat belajar peserta didik dengan Sig. (2-tailed) dari 0,018 dan 0,019. Nilai sig. (2-tailed) 0,018 dan 0,019 <0,05; dan 3) media animasi (2 dan 3 dimensi) terhadap minat belajar peserta didik dengan Sig. dari 0,000 dan 0,006. Nilai sig. 0,000 dan 0,006 <0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163316 MOHAMMAD SHOLIKHIN ALWI
Date Deposited: 05 Jul 2022 08:20
Last Modified: 05 Jul 2022 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26911

Actions (login required)

View Item View Item