PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PADA PERNIKAHAN JARAK JAUH (STUDI DI KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH JAWA TIMUR SATUAN BRIGADE MOBIL DETASEMEN C MADIUN)

ARISKA ARUM KHOLIFATUL UMAROH, 17102163004 (2022) PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PADA PERNIKAHAN JARAK JAUH (STUDI DI KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH JAWA TIMUR SATUAN BRIGADE MOBIL DETASEMEN C MADIUN). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ariska Arum Kholifatul Umaroh, NIM 17102163004, Pemenuhan Hak dan Kewajiban Suami Istri Pada Pernikahan Jarak Jauh (Studi di Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Timur Satuan Brigade Mobil Detasemen C Madiun), Jurusan Hukum Keluarga Islam, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Kata Kunci: Hak dan Kewajiban, Suami Istri, Pernikahan Jarak Jauh Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya upaya pemenuhan hak dan kewajiban suami istri yang dilakukan pasangan suami istri pernikaha jarak jauh atau yang sedang berjauhan dengan pasangan, yang mana dilakukan oleh suami sebagai anggota Makobrimob Madiun dan istri yang terpaksa harus dirumah untuk menjaga, merawat, mengurus anak. Rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana upaya pemenuhan hak dan kewajiban suami istri keluarga pernikahan jarak jauh Polisi Brimob?(2) Bagaimana pelaksanaan pemenuhan hak dan kewajiban suami istri pada keluaraga pernikahan jarak jauh Polisi Brimob ditinjau dari hukum islam?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk memenuhi hak dan kewajiban suami istri ketika sedang menjalani hubungan jarak jauh pada keluarga Polisi Brimob (2) Untuk memberikan tinjauan hukum islam dalam pemenuhan hak dan kewajiban suami istri pernikahan jarak jauh Polisi Brimob. (3) Dapat memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan khususnya pada hukum keluarga islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data collecting, data editing, data verivikasi dan data komklusi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trigulasi yang menggabungkan dari dua teknik pengumpulan data dari narasumber yang telah ada. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pemenuhan hak dan kewajiban suami istri secara hukum positif sudah terpenuhi dengan baik, saling menjalankan hak dan kewajibannya masing-masing walaupun tidak sempurna karena jarak yang membatasi. (2) secara hukum islam secara lahir terpenuhi akan tetapi secara batin bertentangan dengan pasal 33 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 junto Pasal 77 ayat 2 Kompilasi Hukum Islam, tetapi hal itu diperbolehkan karena dalam pernikahannya terdapat asas kesukarelaan dan asas persetujuan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Perempuan
Peradilan Islam > Perkawinan
Hukum > Perlindungan Hukum
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 17102163004 ARISKA ARUM KHOLIFATUL UMAROH
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:21
Last Modified: 06 Jul 2022 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26915

Actions (login required)

View Item View Item