PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING MATERI USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS X IPA SMAN 1 PAKEL TULUNGAGUNG

OVI SILVIA LIKA PUTRI AJI, 12211183010 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING MATERI USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS X IPA SMAN 1 PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Problem Solving Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Ovi Silvia Lika Putri Aji, NIM.12211183010, Jurusan Tadris Fisika (TFIS), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, dan Keterampilan Problem Solving. Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang siswa masih memiliki tingkat kemampuan pemahaman konsep yang rendah dan keterampilan problem solving belum memuaskan. Pada era pembelajaran kurikulum 2013 di harapkan pembelajaran berpusat pada siswa (student center). Model pembelajaran problem based learning diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar, sehingga pemahaman konsep dan keterampilan problem solving siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep siswa materi usaha dan energi siswa kelas X IPA SMAN 1 Pakel Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan problem solving materi usaha dan energi siswa kelas X IPA SMAN 1 Pakel Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep dan keterampilan problem solving materi usaha dan energi siswa kelas X IPA SMAN 1 Pakel Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya eksperimen semu (quasi experiment). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Pakel Tulungagung berjumlah 148 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas X-IPA 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas X-IPA 5 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah dengan menggunakan analisis uji-t (independent sample t-Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep materi usaha dan energi siswa kelas X IPA SMAN 1 Pakel Tulungagung. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel = 4,992 > 2,002 dengan taraf signifikansi 5 %. Besar pengaruh yaitu 15,6% (2) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan problem solving materi usaha dan energi siswa kelas X IPA SMAN 1 Pakel Tulungagung. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel = 4,906 > 2,002 dengan taraf signifikansi 5 %. Besar pengaruh yaitu 9,6% (3) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep dan keterampilan problem solving materi usaha dan energi siswa kelas X IPA SMAN 1 Pakel Tulungagung. Hal ini berdasarkan nilai signifikansinya 0,000< 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183010 OVI SILVIA LIKA PUTRI AJI
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:32
Last Modified: 13 Jul 2022 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26933

Actions (login required)

View Item View Item