PANDANGAN MAJELIS WAKIL CABANG NAHDLATUL ULAMA TERHADAP PENYAMARATAAN PEMBAGIAN HARTA WARIS (Studi Kasus di Desa Pandanarum Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar)

PUTRI AYU MARATUS SHOLIHAH, 12102183090 (2022) PANDANGAN MAJELIS WAKIL CABANG NAHDLATUL ULAMA TERHADAP PENYAMARATAAN PEMBAGIAN HARTA WARIS (Studi Kasus di Desa Pandanarum Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri Ayu Maratus Sholihah, NIM. 12102183090 “Pandangan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Terhadap Penyamarataan Pembagian Harta Waris (Studi Kasus Di Desa Pandanarum Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar), Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Syyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing : Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M. Ag. Kata Kunci : Pandangan, Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama, Penyamarataan, Harta Waris. Pembagian harta waris merupakan suatu hal yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan. Allah swt dengan jelas telah menerangkan pembagian harta waris dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 11 sampai 12 tetapi dalam pelaksanaannya masih banyak masyarakat muslim yang belum menerapkan pembagian harta waris sesuai ketentuan dalam Al-Qur’an. Hal tersebut yang menjadi latar belakang peneliti pada pandangan Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kec. Sutojayan tentang kasus penyamarataan pembagian harta waris. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penyamarataan pembagian harta waris di Desa Pandanarum Kec. Sutojayan Kab. Blitar ? 2) Bagaimana pandangan Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kec. Sutojayan terhadap penyamarataan pembagian harta waris di Desa Pandanarum Kec. Sutojayan Kab. Blitar ?. Adapun yang menjadi tujuan dari peneliti adalah: 1) Mengetahui penyamarataan pembagian harta waris di Desa Pandanarum Kec. Sutojayan Kab. Blitar, 2) Mengetahui pandangan Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kec. Sutojayan terhadap penyamarataan pembagian harta waris di Desa Pandanarum Kec. Sutojayan Kab. Blitar. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari rumusan masalah yang telah disebutkan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Dari hasil penelitian pelaksanaan pembagian harta waris di Desa Pandanarum yang di wakilkan salah satu keluarga. Pembagian harta waris dilakukan dengan cara musyawarah yang dihadirkan semua anggota keluarga dan satu orang ahli sebagai saksi dengan tujuan untuk menyepakati pembagian harta waris secara bersama-sama. 2) Pandangan Ulama MWC NU Kec. Sutojayan terhadap pemanyamarataan pembagian harta waris yang ada di Desa Pandanarum Kec. Sutojayan Kab. Blitar terdapat dua tipologi pandangan. Pendapat pertama menganggap penyamarataan harta waris tidak diperbolehkan dikarenakan melanggar aturan nas yang ada di Al-Qur’an. Pendapat kedua menganggap penyamarataan harta waris sah dilaksanakan dengan syarat keridhoan semua ahli waris sesuai dalam kitab Bughiyah Al-Mustarsyidin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Nahdlatul Ulama
Ormas
Peradilan Islam > Warisan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183090 PUTRI AYU MARATUS SHOLIHAH
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:55
Last Modified: 08 Jul 2022 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26957

Actions (login required)

View Item View Item