CHOIROH, NATIQUL (2015) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI TUMPANG TAHUN AJARAN 2011 / 2012. [ Skripsi ]
|
Text
BAB 1-BAB 5.pdf Download (865kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
hal. sampul luar (i).pdf Download (61kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Natiqul Choiroh, NIM. 2816133106, 2015 Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Pendidikan Agama Islam Di MTs Negeri Tumpang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci : Strategi, Kepala Madrasah, Mutu Guru PAI. Banyak masalah mutu yang dihadapi dalam dunia pendidikan, seperti mutu lulusan, mutu pengajaran, bimbingan dan latihan dari guru, serta mutu profesionalisme dan kinerja guru. Mutu-mutu tersebut terkait dengan mutu manajerial para pemimpin pendidikan, keterbatasan dana, sarana dan prasarana, fasilitas pendidikan, media sumber belajar, alat dan bahan latihan, iklim sekolah, lingkungan pendidikan, sertadukungan dari pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan. Semua kelemahan mutu dari komponen-komponen pendidikan tersebut berujung pada rendahnya lulusan. Oleh karena itu kepala madrasah harus mempunyai strategi untuk kemajuan madrasah dengan cara meningkatkan mutu guru khususnya mutu guru PAI yang menjadikan peserta didik lebih baik, khususnya dalam kualitas dan juga kuantitas pendidikan sehingga mampu bersaing dengan dunia pendidikan nasional dalam mencapai target pendidikan yang sesuai dengan perubahan zaman tanpa menghilangkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan serta didukung oleh unsur-unsur tenaga pendidik yang profesional Sebagaimana yang telah diuraikan dalam latar belakang di atas, maka penelitian ini difokuskan Bagaimana pandangan, strategi, dan mempertahankan mutu guru pendidikan agama Islam ? Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka yang menjadi tujuan pembahasan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pandangan kepala madrasah tentang mutu guru pendidikan agama Islam, (2) Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru pendidikan agama Islam, (3) Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam mempertahankan mutu guru pendidikan agama Islam ? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan : (1). Strategi yang di lakukan MTs Negeri Tumpang dalam meningkatkan mutu guru diantaranya adalah : visi, motivasi, ketekunan dan cita-cita. (2). Dari pencapaian program diketahui bahwa hasil dari diterapkannya berbagai strategi dan program meningkatkan mutu guru di MTs Negeri Tumpang sudah mengalami penigkatan yang baik. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari segi kompetensi guru dan latar belakang pendidikan MTs Negeri Tumpang sudah sesuai dengan standar kualifikasi akademik dan mata pelajaran yang di ajarkan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Jumlah guru di MTs Negeri Tumpang terdapat 31, Guru yang S2 ada 2 guru termasuk Kepala Madrasah dan 1 guru PAI. Dan Guru yang lain lulusan S1.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NATIQUL CHOIROH |
Date Deposited: | 25 Nov 2015 04:23 |
Last Modified: | 25 Nov 2015 04:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2696 |
Actions (login required)
View Item |