PENGARUH RELIGIUSITAS DAN SELF-CONCEPT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FUAD UIN SATU TULUNGAGUNG

MOHAMAD SAIKHUL BAHAUDIN, 12308173101 and ALI SYAHIDIN MUBAROK, 2026059002 (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN SELF-CONCEPT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FUAD UIN SATU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH RELIGIUSITAS DAN SELF-CONCEPT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Religiusitas merupakan suatu variabel yang lekat dengan kehidupan masyarakat, yang memiliki tingkat pendalaman dan intensitas tersendiri pada pembentukan suatu struktur masyarakat. Religiusitas sebagai basis ideologi memberikan sumbangsihnya dalam berbagai aspek salah satunya perilaku konsumtif. Banyak narasi dalam keberagamaan memberikan frame pada pola-pola konsumsi yang sehat. Selain religiusitas ada aspek lain yang juga menjadi faktor dalam munculnya perilaku konsumtif ialah self-concept. Self-concept termasuk dalam faktor personal yang turut mendorong peningkatan budaya konsumtif. Hal ini di akibatkan oleh kecenderungan dari self-concept yang rendah. Self-concept yang rendah mendorong seseorang untuk terjerumus dalam budaya represif dengan membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara religiusitas terhadap perilaku konsumtif, pengaruh self-concept terhadap perilaku konsumtif, serta pengaruh religiusitas dan self-concept dengan perilaku konsumtif secara simultan. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ushuluddin adab dan dakwah UIN SATU Tulungagung sebanyak 5000 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Issac dengan 326 sampel. Menggunakan tiga skala yakini religiusitas, self-concept dan perilaku konsumtif yang disebar menggunakan kuesioner secara online. Untuk penentuan validitas menggunakan Aiken’V, sedang pengujian dilakukan dengan uji regresi linier berganda. Dari pengolahan data tersebut diperoleh data bahwa terdapat pengaruh antara (X1) dengan (Y) dengan indikasi t hitung > t tabel (1.967), (X2) dengan (Y) dengan indikasi sig < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (1.967). Serta secara simultan terdapat pengaruh antara (X1) dan (X2) terhadap (Y) dengan indikasi 0,00 < 0,05 dan nilai hitung 82,967 > 3,870. Kata kunci: Religiusitas, Self-concept, Perilaku Konsumtif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi klinis
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308173101 Mohamad Saikhul Bahaudin
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:21
Last Modified: 22 Aug 2022 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26987

Actions (login required)

View Item View Item