PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2018- 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

ELZA FAUZIAH LATIF, 12406183057 (2022) PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2018- 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Literasi Keuangan Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa (studi kasus mahasiswa manajemen keuangan syariah angkatan 2018-2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)” ini ditulis oleh Elza Fauziah Latif, NIM. 12406183057, jurusan Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ahmad Budiman, M.S.I. Penelitian ini di latarbelakangi adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, manusia akan di tuntut agar lebih rasional dalam melakukan kegiatan konsumsi yang dapat berpengaruh terhadap keuangan masyarakat tak terkecuali mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh pengetahuan keuangan, literasi keuangan, dan kecerdasan spiritual terhadap manajemen keungan pribadi mahasiswa (studi kasus mahasiswa manajemen keuangan syariah angkatan 2018- 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung) Pada penelitian menggunakan pendekatan kuantitstif, dengan sumber data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa manajemen keuangan syariah angkatan 2018-2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan tingkat lima preferensi jawaban, dan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji regresi linier berganda, uji T, uji F, dan uji determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengetahuan keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen keungan pribadi mahasiswa, (2) literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen keungan pribadi mahasiswa, (3) kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen keungan pribadi mahasiswa, (4) pengetahun keuangan, literasi keuangan, dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi. Kata kunci : pengetahuan keuangan, literasi keuangan, kecerdasan spiritual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 12406183057 ELZA FAUZIAH LATIF
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:52
Last Modified: 08 Jul 2022 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26989

Actions (login required)

View Item View Item