NUR ANGGRAINI RIZKI, 12204183272 (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KRITERIA WATSON DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS DI KELAS XI TKJ-2 SMK “SORE” TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (613kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (376kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul: “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di Kelas XI TKJ-2 SMK Sore Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Nur Anggraini Rizki, NIM. 12204183272, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers, Kriteria Watson. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan matematika siswa di Indonesia berdasarkan hasil PISA pada tahun 2017, serta siswa kelas XI TKJ-2 SMK “Sore” Tulungagung yang sering mengalami kesulitan dalam memahami soal matematika, penggunaan konsep, prosedur, simbol, dan notasi matematika yang dapat tercermin dari kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan fungsi invers. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan kriteria kesalahan menurut Watson untuk mendiskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan fungsi invers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan siswa kelas XI TKJ-2 yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan fungsi invers berdasarkan kriteria Watson, faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, serta mengetahui solusi alternatif untuk memperbaiki kesalahan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian berasal dari kelas XI TKJ-2 ditinjau dari kategori kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) siswa yang berkemampuan matematika tinggi melakukan jenis kesalahan yakni prosedural tidak tepat, kesimpulan hilang, dan masalah hirarki keterampilan. (2) Siswa yang berkemampuan matematika sedang melakukan jenis kesalahan yakni data tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, dan masalah hirarki keterampilan. (3) Siswa berkemampuan matematika rendah melakukan jenis kesalahan yakni data tidak tepat, kesimpulan hilang, dan selain ketujuh kriteria diatas. (4) Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut yaitu siswa mengalami kebingungan, kurang teliti, menggunakan data yang tidak lengkap dan tidak tepat, tidak memahami penggunaan rumus fungsi komposisi, belum memahami konsep fungsi invers, membutuhkan waktu yang lama dalam memahami soal, dan tidak melakukan pengecekan ulang terhadap jawabannya. (5) Solusi alternatif untuk memperbaiki kesalahan siswa yaitu: siswa dapat meningkatkan pemahaman, ketelitian, melakukan pengecekan ulang, memanfaatkan waktu dengan baik, dan siswa harus aktif bertanya selama proses pembelajaran. Sedangkan guru dapat menggunakan metode pembelajaran drill, metode problem-based learning, dan melaksanakan remedial teaching.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183272 Nur Anggraini Rizki |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27027 |
Actions (login required)
View Item |