PUTRI DEWI IMALASARI, 12310183047 and NURUL SETYAWATI HANDAYANI, 2013099201 (2022) PEMANFAATAN SIMBOL WARNA DALAM PROSES SHELVING BAHAN PUSTAKA UNTUK MEMPERMUDAH TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 KERTOSONO. [ Skripsi ]
Text
PEMANFAATAN SIMBOL WARNA DALAM PROSES SHELVING BAHAN PUSTAKA UNTUK MEMPERMUDAH TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 KERTOSONO.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan simbol warna dalam proses shelving bahan pustaka untuk mempermudah temu kembali informasi di perpustakaan SMA Negeri 1 Kertosono. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan simbol warna pada bahan pustaka, Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik untuk menguji kebenaran data dengan cara triangulasi, ketekunan observasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perpustakaan SMA Negeri 1 Kertosono memanfaatkan simbol warna pada koleksinya menggunakan sistem klasifikasi. Pemilihan warna yang digunakan berbeda-beda dalam setiap kelasnya. Pemanfaatan simbol warna pada bahan pustaka adalah agar memudahkan pemustaka dalam menelusuri informasi yang mereka inginkan dan membantu pengelola perpustakaan dalam melakukan kegiatan shelving bahan pustaka.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan > Bahan Pustaka Ilmu Perpustakaan > Pemustaka Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 12310183047 Putri Dewi Imalasari |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 04:27 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 04:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27141 |
Actions (login required)
View Item |