DINA ANITA SARI, 12204183164 (2022) KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 GONDANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (485kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Investigasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Gondang” ini ditulis oleh Dina Anita Sari, NIM.12204183164, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Investigasi Matematis, Nilai Mutlak, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi ketika berada dilapangan langsung yang menunjukkan bahwa ada beberapa siswa kelas X di SMAN 1 Gondang jika dihadapkan dengan permasalahan konstektual sering merasa bingung dalam menentukan rumus dan tahapan-tahapan penyelesaiannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu siswa kurang terbiasa dalam mengerjakan soal berbasis masalah serta kurangnya kebiasaan siswa untuk melatih kemampuannya dalam mengidentifikasi dan menyelidiki suatu permasalahan matematika. Kemampuan investigasi matematis memiliki peranan penting yang harus dimiliki oleh siswa, agar dapat memudahkan siswa dalam menemukan berbagai macam cara sehingga dapat menentukan solusi dari suatu permasalahan serta dapat membantu siswa agar lebih aktif dalam proses berpikir. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan investigasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X SMAN 1 Gondang, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan investigasi matematis siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X SMAN 1 Gondang, 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan investigasi matematis siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X SMAN 1 Gondang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penellitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentai. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel mampu memenuhi semua indikator kemampuan investigasi matematis yaitu specialization (mengidentifikai pola), conjecturing (membuat dan menguji suatu dugaan), dan generalization (menentukan aturan umum dari suatu data dalam permasalahan), 2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan investigasi matematis yaitu specialization (mengidentifikai pola), 3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan investigasi matematis yaitu specialization (mengidentifikai pola), conjecturing (membuat dan menguji suatu dugaan), dan generalization (menentukan aturan umum dari suatu data dalam permasalahan).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204183164 DINA ANITA SARI |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27314 |
Actions (login required)
View Item |