ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI UD. JAYA MAKMUR DESA BENDOSARI BLITAR

HILMI ARISKA, 12405173138 (2022) ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI UD. JAYA MAKMUR DESA BENDOSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI UD. JAYA MAKMUR DESA BENDOSARI BLITAR .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sektor peternakan ayam petelur merupakan salah satu sektor pokok bagi kebutuhan manusia. Permasalahan-permasalahan yang timbul mulai dari proses produksi telur hingga pemasaran telur tentu saja perlu dianalisis dan ditangani secara serius, sehingga nantinya mampu memberikan banyak manfaat bagi sektor kebutuhan pokok dan sektor perekonomian masyarakat secara umum. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi IFAS dan EFAS; dan 2) melakukan analisis SWOT untuk menentukan strategi pemasaran pada UD. Jaya Makmur Desa Bendosari Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Data primer dalam penelitian ini diperoleh peneliti berdasarkan wawancara kepada subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan di UD. Jaya Makmur dengan pemilik Ibu Nur Hidayati yang berlokasi di Desa Bendosari Blitar. Setelah dilakukan analisis menggunakan matriks internal faktor (IFAS) dan eksternal faktor (EFAS) ditemukan hasil bahwa strategi pemasaran UD Jaya Makmur memperoleh nilai 3,33 dan 3,66. Hal ini menunjukkan bahwa UD Jaya Makmur berada pada titik koordinat (0,55: 0,43) yang terletak pada kuadran I (agresif) di antara kekuatan dan ancaman, sehingga yang digunakan yaitu strategi SO. Strategi yang dapat digunakan antara lain melakukan pengembangan dan promosi produk unggulan pada media online selain pada WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain-lain; melakukan pendekatan dan peningkatan kualitas agar masyarakat tetap percaya; peningkatan sistem pembayaran di akhir; peningkatan seleksi telur ayam agar pelanggan tetap loyal; serta memberikan wawasan bagi pelaku usaha dengan bahan baku telur agar UD Jaya makmur dan pemilik usaha sama-sama berkembang. Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Telur Ayam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173138 Hilmi Ariska
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:35
Last Modified: 14 Jul 2022 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27329

Actions (login required)

View Item View Item