ANISA LAILATUL AZIZAH, 12212183096 (2022) PENGEMBANGAN ELEKTRONIK MODUL (E-MODUL) INTERAKTIF BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI IKATAN KIMIA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (512kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (551kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Interaktif Berbasis Web Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Ikatan Kimia” ini ditulis oleh Anisa Lailatul Azizah, NIM. 12212183096, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata kunci: E-Modul Interaktif, Web, Pendekatan Saintifik, Ikatan Kimia. Kurang optimalnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran serta belum adanya penggunaan bahan ajar terutama pada materi ikatan kimia, menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Proses pembelajaran kurikulum 2013 mengutamakan pendekatan saintifik yang berpusat pada peserta didik, namun pembelajaran saat ini masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar serta proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan E-modul interaktif berbasis web dengan pendekatan saintifik pada materi ikatan kimia, (2) Mengetahui kelayakan E-modul interaktif berbasis web dengan pendektan saintifik pada materi ikatan kimia, (3) Mengetahui keefektifan E-modul interaktif berbasis web dengan pendektan saintifik pada materi ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Tahapan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahapan ketiga karena keterbatasan waktu dan tenaga. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan produk, lembar validasi untuk uji kelayakan produk, serta instrumen tes untuk uji efektivitas produk. Efektivitas produk diujikan kepada peserta didik kelas X MIPA 2 MAN 1 Trenggalek yang berjumlah 24 peserta didik. Validasi dilakukan oleh 1 dosen kimia dan 1 guru kimia. Hasil penelitian ini (1) E-modul yang dikembangkan dengan 3 tahapan meliputi define, design, dan develop menggunakan software canva. E-modul ini menggunakan sintaks pendekatan saintifik 5M. Isi E-modul meliputi: cover, kompetensi inti dan dasar, tujuan pembelajaran, peta konsep, kegiatan pembelajaran, serta latihan soal dan evaluasi. E-modul yang dikembangkan dimasukkan ke e-learning Edmodo untuk kegiatan pembelajaran. (2) E-modul dinyatakan valid oleh validator ahli materi dengan persentase sebesar 80%, serta hasil dari validator ahli media memperoleh persentase sebesar 95.65% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. (3) Hasil N-Gain peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 0.71 dengan kategori tinggi. Hasil uji-T diperoleh nilai t hitung 14.029 > t tabel 2.068. Perolehan skor N-Gain dan uji-T menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dari pretest dan posttest. Efektivitas E-modul diperoleh persentase 83.3% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dan uji efektivitas, E-modul ini dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Kimia Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183096 Anisa Lailatul Azizah |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:45 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27384 |
Actions (login required)
View Item |