STRATEGI PEMASARAN UMKM HANDYCRAFT PIJAR EMAS BLITAR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA COVID-19

TRI AGUNG TEGAR AJI SAPUTRO, 12405183313 (2022) STRATEGI PEMASARAN UMKM HANDYCRAFT PIJAR EMAS BLITAR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN UMKM HANDYCRAFT PIJAR EMAS BLITAR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA COVID-19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai sektor ekonomi mengalami dampak negatif, seperti penurunan penjualan dan penurunan produktivitas. UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak, salah satu UMKM yang terdampak adalah UMKM Handycraft Pijar Emas Blitar. UMKM ini mengalami penurunan penjualan cukup signifikan pada tahun 2020. Sehingga dibutuhkan strategi khusus untuk mengembalikan tingkat penjualan. Berdasarkan teori marketing mix, strategi yang bisa dilakukan adalah dengan strategi 7P, yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Riset ini mencoba menganalisis strategi yang dilakukan Handycraft Pijar Emas untuk melihat strategi pemasarannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa Handycraft Pijar Emas berhasil meningkatkan penjualannya dengan menggunakan strategi marketing mix berupa inovasi dan variasi produk, penyesuain harga dengan memberikan promo menarik, desain tempat yang nyaman, bersih, dan mudah diakses, serta promosi menggunakan media sosial serta pemberian program pelatihan secara virtual secara online kepada para konsumen untuk menarik minat para konsumen, merekrut karyawan yang ahli, dan memberikan pelayanan yang terbaik. Berdasarkan studi yang dilakukan, strategi yang diterapkan Handycraft Pijar Emas berhasil meningkatkan penjualan sehingga strategi tersebut bisa diterapkan di UMKM lain untuk meningkatkan penjualan akibat pandemi Covid-19. Keywords: Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Penjualan, 7P

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S1 12405183313 Tri Agung Tegar Aji Saputro
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:18
Last Modified: 18 Jul 2022 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27606

Actions (login required)

View Item View Item