PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTU MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI SMP BUSTANUL MUTAALLIMIN BLITAR

ASTNA BAITA ALHANIM, 12211173015 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTU MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI SMP BUSTANUL MUTAALLIMIN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantu Media Flashcard terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di SMP Bustanul Mutaallimin Blitar” ditulis oleh Astna Baita Alhanim, NIM. 12211173015, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Team Game Tournament, Flaschcard, Kekatifan Siswa, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya aktivitas serta hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan pembelajaran masih menerapkan model pembelajaran direct instruction hal ini menyebabkan sistem mengajar dan belajar sangat membosankan sehingga banyak peserta didik mengantuk, berbincang sediri dan tidak mendengarkan guru saat menjelaskan. Dari hal tersebut menyebabkan rasa ketetarikan peserta didik dalam mendalami materi yang diajarkan berkurang dan ini memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang baik, efisien, menyenangkan dan tidak membosankan. Model pembelajaran Team Game Tournamen ini dapat dikatakan dapat meningkatkan keaktifan siswa dengan berbantuan flashcard yang mempermudah siswa untuk mengingat apa saja materi yang tersampaikan pada pembelajaran tersebut sehingga dapat juga meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment design dengan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling yang mana tertuju pada kelas VIII C sebanyak 21 siswa dan kelas VIII D sebanyak 21 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran team game tournament berbantu media flashcard sedangkan variabel terikatnya adalah keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Bustanul Mutaallimin Blitar. Metode pengumpulan data menggunakan angket tes dan dokumentasi kemudian di uji analisis menggunakan uji t dan uji Manova. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran team game tournament berbantu media flashcard terhadap kekatifan siswa pada matri getaran dan gelombang kelas VIII di SMP Bustanul Mutaallimin Blitar. Hal ini dibuktikan yang mana hasil signifikasi diperoleh 0.000 < 0,05. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran team game tournament berbantu media flashcard terhadap hasil beljar siswa siswa pada matri getaran dan gelombang kelas VIII di SMP Bustanul Mutaallimin Blitar. Hal ini dibuktikan yang mana hasil signifikasi diperoleh 0.000 < 0,05. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran team game tournament berbantu media flashcard terhadap kekatifan dan hasil belajar siswa pada matri getaran dan gelombang kelas

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173015 ASTNA BAITA ALHANIM
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:16
Last Modified: 19 Jul 2022 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item View Item